Ahad 11 Nov 2012 01:31 WIB

Desember Toyota Produksi Mobil Komersial Baru

Industri mobil Toyota (ilustrasi)
Industri mobil Toyota (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Toyota akan memproduksi mobil model baru pada Desember 2012 di Indonesia melalui PT Sugity Creatives yang sebagian besar sahamnya dikuasai Toyota Auto Body.

"Pada Desember 2012 kami akan memproduksi mobil baru dari bisnis kami," kata Presiden Direktur Toyota Auto Body (AUB) Takuji Amioka di Jakarta, Sabtu.

Produksi mobil baru tersebut merupakan bagian dari komitmen investasi Grup Toyota sebesar Rp 13 triliun dalam lima tahun ke depan. AUB merupakan salah satu dari enam perusahaan dalam Grup Toyota yang berencana menambah investasi di Indonesia.

"Model apa yang akan diproduksi, belum waktunya bagi kami untuk mengumumkannya, karena terkait dengan rencana kami," ujarnya.

Namun Presiden Direktur Toyota Motor Corp (TMC) Akio Toyoda pada jumpa pers di Jakarta, Sabtu, usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, AUB akan memproduksi mobil komersil.

"Di Indonesia kami beroperasi sebagai Toyota Group. Toyota memproduksi mobil penumpang, Daihatsu memproduksi mobil kecil, dan Toyota Auto Body memproduksi mobil komersial," ujarnya.

AUB menguasai kepemilikan PT Sugity Creatives sebesar 88,52 persen di samping PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (6,47 persen) dan Toyota Tsusho (lima persen). Perusahaan tersebut telah beroperasi di Indonesia sejak 1995 untuk memproduksi komponen resin seperti perangkat panel mobil, radiator, bumper, kotak konsol, dan emblem.

"Nanti akan ada pertemuan lagi untuk mengumumkan mobil model apa dan berapa kapasitas produksi kami," kata Takuji Amioka. Model baru tersebut akan diproduksi di pabrik AUB di Bekasi, Jawa Barat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement