Kamis 11 Oct 2012 04:31 WIB

Toyota Tarik 7,4 Juta Mobil

Toyota is going to pour more money to its manufacture in Indonesia.
Foto: Reuters/Mike Blake
Toyota is going to pour more money to its manufacture in Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Toyota menarik kembali lebih dari tujuh juta unit mobil di seluruh dunia, antara lain model Yaris, Corolla, dan Camry karena ada kesalahan di tombol jendelanya.

Penarikan itu meliputi 1,39 juta mobil di Eropa, 138 ribu di Inggris, 2,47 juta di Amerika Serikat, dan 1,4 juta di China.

"Toyota mengatakan sampai saat ini tidak ada laporan kecelakaan, cidera, atau kematian yang dikarenakan masalah tombol jendela tersebut," kata BBC dalam laporannya.

Selain itu, Toyota juga menarik 450 ribu mobil di Jepang, 650 ribu di Australia, Asia, dan Kanada, serta pasar yang lebih sedikit di seluruh dunia. Jumlah penarikan tersebut kira-kira setara dengan penjualan mereka secara keseluruhan pada tahun lalu.

Keseluruhan model yang ditarik oleh pabrikan mobil asal Jepang itu adalah, Yaris, Vios, Corolla, Matrix, Auris, Camry, RAV4, Highlander, Tundra, Sequoia, xB dan XD. Semua kendaraan tersebut diproduksi sekitar tahun 2005 sampai 2010.

Tiga tahun lalu, Toyota juga pernah menarik sebanyak 12 juta mobil, dan dikenai sanksi oleh pembuat kebijakan Amerika Serikat. Saat itu Pemimpin pabrikan asal Jepang itu meminta maaf secara langsung.

Penarikan tersebut terkait masalah pedal gas di mobil, termasuk masalah pada karpetnya. Toyota juga pernah mengalami gangguan produksi karena gempa dan tsunami pada awal 2011.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement