Senin 08 Oct 2012 17:25 WIB

Pengiriman Mobil Baru Diperkirakan Lebih Lama

Mobil Baru
Foto: antara
Mobil Baru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga survei independen JD Power Asia Pasifik mengungkapkan jadwal pengiriman mobil kepada pelanggan pada tahun ini jauh lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, rata-rata waktu pengiriman mobil selama 11 hari sedangkan tahun lalu hanya sembilan hari.

"Pembeli kendaraan di Indonesia masih kurang puas dengan proses pengiriman terutama lamanya waktu pengiriman mobil baru mereka. Ini adalah tantangan untuk para produsen mobil," kata Direktur JD Power Asia Pasific Rajeev Nair disela-sela penganugerahan JD-Power kepada Daihatsu di Jakarta pada Senin (8/10).

Rajeev mengatakan ada tujuh aspek yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu proses penerimaan pelanggan, fasilitas outlet, proses transaksi, proses penanganan dokumen, tenaga pemasaran, waktu pengiriman, dan proses serah terima kendaraan.

"Lamanya waktu tunggu pengiriman kendaraan baru dan semakin singkatnya interaksi karyawan diler dengan pelanggan menyebabkan kepuasan menipis," katanya.

Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR menjelaskan waktu pengiriman mobil memang lebih lama karena permintaan mobil yang tinggi sedangkan kapasitas pabrik sudah maksimum.

Tak hanya itu, pasokan mobil dari Thailand kembali pulih sejak April pasca banjir Thailand tahun lalu. Hal itu membuat permintaan mobil sangat tinggi di Indonesia.

"Pertumbuhan pasar otomotif tahun ini cukup bagus. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil pada September mencapai 102 ribu unit. Total penjualan dari Januari - September sebanyak 817 ribu unit," kata Sudirman yang juga menjabat Ketua Umum Gaikindo.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement