Jumat 14 Sep 2012 13:48 WIB

MPV masih akan Dominasi Pasar Indonesia

Toyota Rush
Foto: Toyota
Toyota Rush

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mobil berkategori serbaguna atau MPV (multi-purpose vehicle) masih menguasai pasar mobil hingga lima tahun ke depan, demikian disebut Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto.

"Pangsa pasar mobil MPV saat ini mencapai 50 persen dari total pasar, dibanding SUV (sport utility vehicle) yang mencapai 10-11 persen," kata Joko dalam jumpa pers Toyota pra-IIMS 2012 di Jakarta.

Joko mengatakan terjadi tren pergeseran pembeli mobil kategori MPV ke SUV dan kategori mobil sedan ke compact.

"Tapi belum diketahui apakah peralihan itu akan mengubah pangsa pasar MPV," kata Joko tanpa menyebut jumlah unit akibat tren peralihan itu.

Joko menyebut mobil compact mempunyai pangsa pasar sebagaimana SUV yaitu 10-11 persen dari total pasar, sedang di bawah empat persen, dan 30 persen merupakan pangsa pasar mobil komersial atau mobil angkutan.

Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 Toyota akan menampilkan tiga mobil komersial yaitu Hilux, Dayna, dan HiAce.

"Pasar mobil komersial untuk bisnis travel cukup besar baik untuk angkutan antarkota ataupun pariwisata," kata Joko tentang alasan memamerkan Toyota HiAce baru.

Meskipun tidak menyebut nilai potensi pasar, Joko menyebut pangsa pasar mobil komersial penumpang semakin terbuka seiring dengan tren pariwisata konferensi yang meningkat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement