Senin 21 May 2012 17:25 WIB

Jeep Baru: Dari Legenda Off-Road sampai Legenda Kutub

Rep: M Akbar Widjaya/ Red: Heri Ruslan
Jeep Wrangler Arctic 2012
Foto: autoguide.com
Jeep Wrangler Arctic 2012

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa tak mengenal mobil Jeep? Sejak puluhan tahun silam, mobil Jeep telah menancapkan fakta tersendiri dalam guratan sejarah otomotif tanah air. Di kalangan pecinta otomotif, Jeep tak lain adalah legenda tak terlupakan akan sebuah mobil berdaya jelajah tinggi di medan terjal dan berliku.

Kini, sekarang sang legenda kembali datang. "Di tahun 2011 ini Chrsyler Indonesia kembali menghadirkan dua varian Jeep, yaitu Jeep Grand Cherokee Overland dan. Jeep Wrangler Sahara Artic," kata Chief Marketing Officer Chrysler Indonesia, Rieva Muchsin, Rabu (16/5), di Jakarta.

Grand Cherooke dan Wrangler merupakan dua buah merek Jeep yang telah dikenal masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun silam. Jeep Grand Cherokee terkenal sebagai ikon mobil 4x4 premium. Adapun Jeep Wrangler dikenal sebagai simbol mobil 4x4 yang tangguh nan gahar.

"Jeep Grand Cherokee Overland dan Jeep Wrangler Sahara Artic merupakan sebuah penawaran eksklusif," ujar Rieva lagi.

New Grand Cheroooke didesain dengan bodi atletis sekaligus aerodinamis. Namun begitu, mobil ini tidak ibarat kacang lupa kulitnya. Karakter khas Jeep masih melekat kuat terutama pada bagian grille tujuh slot-nya dan fender berbentuk persegi.

Melongok ke dalam ruang kabin, kesan mewah dan elegan khas mobil-mobil Amerika langsung segera terasa. Bagian dashboard didesain lebih modern dengan mengedepankan prinsip minimalis elegan. Ada semacam usaha memanjakan penumpang dengan disematkannya head unit berlayar sentuh yang mampu memutar DVD, CD, MP3, hingga USB. Tak ketinggalan monitor untuk penumpang belakang serta sunroof.

"Bagian interior didesain oleh Advanced Interior Design Studio milik Jeep," kata Rieva bangga.

Kesan mewah memancar lewat pilihan kulit jok bermaterial terbaik. Olive Ash Burl Trim kayu asli yang dipadupadankan dengan detail chrome dan aksen jahitan menawan menampilkan keahlian luar biasa para desainer Jeep.

Dengan ukuran kabin luas penumpang lebih leluasa bergerak dan menyimpan barang. Pengaturan kursi dalam delapan posisi dan penyangga elektrik yang ditambah pemanas kursi, serta pemanas setir membuat nuanasa Americano pada mobil ini begitu kental.

Soal keamanan tak perlulah diragukan. Jeep Grand Cherokee Overland telah dilengkapi perangkat keselamatan aktif maupun pasif, seperti airbag, ABS, electronic stability control (ESC), electronic roll mitigation (ERM), dan active head restraints.

Meraba ke sisi jantung pacu, Grand Cherokee Overland, memiliki tarikan nafas lebih panjang. Hal ini berkat disematkannya mesin HEMI, 5.7L, V8, DOHC yang siap memberikan daya dorong 352 tenaga kuda di 5.200rpm dan momentum 520Nm di 4.200rpm. Daya geber maksimum disalurkan lewat sistem transmisi teranyar 6 speed.

"Sebagai varian tertinggi di kelas Jeep, Grand Cherokee Overland memiliki kemewahan, utilitas, dan kemampuan off-road yang andal," Rieva berpromosi.

Kalau Jeep Grand Cherokee Overland menawarkan sisi atletis dan aerodinamis sebuah mobil off-road, Jeep Wrangler Artic justru menawarkan tampilan mobil off-road yang unik. Pada sisi eksterior, mobil ini dilengkapi emblem Yeti- mahluk legendaris yang hidup di padang es. Ornamen Yeti juga terlihat pada fender depan berupa tapak kaki besar dan di cluster spedometer.

"Desain mobil terinspirasi dari lingkungan ekstrem di Kutub Utara," jelas Rieva.

Keunikan Jeep Wrangler Arctic terdapat pada gaya pewarnaan powder coating (sistem pengecatan serbuk) di bagian velg 17 inchinya. Gaya pewarnaan semacam ini berguna untuk menghasilkan tekstur tahan gores. Masuk ke dalam ruang kabin, nuansa Kutub Utara terasa lebih soft dengan pilihan warna orange pada kursi berbahan Gore Tex. Warna orange menampilkan kesan hangat sedangkan bahan Gore Tex memiliki keunggulan karen sifatnya yang adaptif terhadap perubahan cuaca.

Jeep Wrangler Arctic mengusung mesin Pentasar 3.6I, V6, DOHC 24-Valve, VVT. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 285 tenaga kuda, torsi puncak 350Nm, dan akselerasi 0-100 kpj dalam 8.4 detik. Rangkaian penggerak menggunakan transmisi otomatis 5-speed. Grand Cherokee Overland dibanderol dengan harga Rp 1,35 miliar. Sedangkan Wrangler Arctic dibanderol di kisaran harga 790 juta sampai 850 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement