Senin 30 Apr 2012 21:00 WIB

Nissan Leaf Laris Manis di Eropa

Nissan Leaf
Nissan Leaf

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Meskipun sudah diberi insentif oleh pemerintah AS, penjualan mobil listrik Nissan Leaf belum menunjukan pertumbuhan yang signifikan.

Untungnya, AS bukanlah satu-satunya tempat menjual model kendaraan listrik (EV), negara seperti Denmark, Spanyol atau Inggris menawarkan dana insentif yang besar bagi pengemudi yang bersedia beralih.

Nissan Leaf telah laris terjual sebanyak 1.000 unit di Norwegia selama enam bulan terakhir. Angka itu mungkin terlalu kecil sama dengan penjualan mobil di AS selama sebulan, tetapi angka itu memiliki pangsa pasar sebesar dua persen di Norwegia.

Ada sekitar 256.000 Nissan Leaf terjual tahun lalu. Jadi negara Skandinavia, seratus kali lebih "haus" menginginkan kendaraan listrik dari pelanggan Amerika.

Norwegia adalah negara dengan permintaan tertinggi model listrik dengan PPN nol, tidak ada pajak mobil baru, parkir gratis, beberapa jalan tol gratis dan dapat melalui jalur bus di Oslo.

Hebatnya, pemerintah Norwegia benar-benar serius dengan program mobil ramah lingkungan dengan membangun tempat pengisian baterai di badan-badan jalan. Saat ini, ada sekitar 3.500 titik tempat pengisian baterai di Oslo dan pengguna bisa menggunakannya secara gratis.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement