Kamis 05 Apr 2012 15:11 WIB

Jaguar Siapkan Penerus E Type

Jaguar E
Jaguar E

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Produsen mobil asal Inggris Jaguar mengonfirmasi  akan memproduksi kendaraan khusus untuk memperingati  mobil legendaris sport tipe-E. Kendaraan dua tempat duduk itu akan dinamai  'F-TYPE'.

Sebelumnya Jaguar memamerkan prototipe mobil dengan kode C-X16 dalam pameran motor Frankfurt akhir September lalu.   Prototipe itu hadir setelah 50 tahun 'E-TYPE' pertama melakukan debut '.

"Hari ini Jaguar akan meluncurkan sebuah mobil sport 'F-TYPE'," kata Jaguar Land Rover dalam ajang pameran motor New York.

Mobil sporty dua pintu dengan beratap terbuka (cabriolet) dan top speed 186mph itu akan hadir pertengahan tahun depan.

Direktur Global Brand Mobil Jaguar Adrian Hallmark mengatakan, "Kami telah memamerkan mobil konsep C-X16 pada September 2011 dan meraih berbagai reaksi positif ketika mempercepat pembuatan all-new-Jaguar."

 

"Mobil itu akan disebut F-TYPE dan akan diresmikan dan diproduksi pada akhir tahun ini. F-TYPE akan datang," katanya.

F-TYPE akan hadir dengan atap terbuka dan dua tempat duduk yang mengedepankan kenyamanan pengemudi. Model berbasis mesin bensin untuk meningkatkan kinerja mobil. Saat ini para Teknisi prototipe sudah meninggalkan Pabrik Jaguar Castle Bromwich untuk menguji kelayakan model itu.

Perusahaan asal India Tata Motors membeli Jaguar Land Rover  senilai £ 1.5billion dari tangan Ford pada Juni 2008.

Direktur Desain Ian Callum mengatakan, "Sebuah mobil sport sejati harus sesuai dengan tujuan dan bentuknya.

"Semua model Jaguar klasik tipe C, tipe D dan tipe E adalah mobil sport yang dibuat sesuai era mereka, dan Tipe-F akan dibuat sesuai waktunya, waktunya segera tiba," katanya.

Model F-TYPE akan menambah jajaran Jaguar  seperti sedan XF dan Sportbrake, flagship saloon XJ yang kerap digunakan Perdana Menteri dan kabinet, dan sporty dan coupe XK dan convertible.

Sebenarnya model sport yang akan diluncurkan itu awalnya akan diberi nama  Jaguar tipe XE Jaguar tapi akhirnya diberikan kepada F-Type sebagai penghormatan kepadal E-Type yang terkenal.

Hal itu didukung oleh mesin bensin 3.0-liter Supercharged V6 yang terhubung dengan gearbox delapan kecepatan otomatis, dengan gaya F1.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement