Rabu 11 Jan 2012 17:30 WIB

Mobil Tawon Diproduksi Massal April 2012

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Ramdhan Muhaimin
Mobil Tawon
Foto: Antara
Mobil Tawon

REPUBLIKA.CO.ID,RANGKASBITUNG-Mobil nasional karya pelajar SMK di Banten, 'Tawon', direncanakan diproduksi massal pada April 2012 mendatang. Hal itu diungkapkan CEO PT Super Gasindo Jaya, Njoto Koentjoro.

"Target  kami bisa memproduksi sekitar 60 unit mobil per bulannya," kata Njoto ketika ditemui Republika, Rabu (11/1).

Ia tidak berharap mobil yang bisa diisi bahan-bahan bakar yang berlainan seperti premium, gas, dan biotanol tersebut menyaingi produk-produk luar negeri. Hal itu disebabkan sejak awal mobil Tawon dirancang untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Sementara itu, Personal Manager PT Super Gasindo Jaya, Devi Arya Putri menambahkan, kota Serangdi provinsi Banten menjadi kota pertama tujuan pemasaran perdana mobil Tawon. 

"Kami akan membuka show room pertama kami di Serang. Saat ini sedang dalam tahap penentuan lokasi," ujar Devi. 

Saat ini mobil yang penciptaannya turut melibatkan anak-anak SMK tersebut memang belum dipasarkan secara massal. Devi menyebut beberapa persiapan sedang menuju ke sana sudah dilakukan, yakni penyediaan spare-part, service center, serta liesing. Namun mobil tersebut sudah lulus uji emisi dan telah mendapatkan SNI.

Sebelumnya sejumlah koperasi di beberapa tempat telah memesan mobil Tawon. Mobil yang pertama kali diciptakan pada 2007 tersebut juga telah menjadi kendaraan dinas di Dinas Perdagangan dan Sekretariat Daerah Provinsi Banten. 

Mobil berkapasitas 650 cc tersebut memiliki tiga varian, yakni mobil city car yang dinamai Tawon, mobil pick-up yang dinamai Transformer, serta mobil penumpang dan barang yang bisa diproyeksikan sebagai angkutan umum dan pribadi bernama Metro Tawon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement