Senin 07 Nov 2011 18:29 WIB

Tujuh Tahun Diprodruksi, Penjualan Avanza-Xenia Dekati Angka1 Juta

Rep: Amri Amrullah/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Avanza dan Xenia terus melanjutkan tradisi juaranya di pasar mobil Indonesia. Ini ditunjukkan dengan hadirnya generasi terbaru dari kedua mobil pilihan masyarakat Indonesia tersebut, All New Avanza dan All New Xenia di Jakarta, Senin (7/11).

Kehadiran generasi terbaru Avanza dan Xenia ini adalah hasil kelanjutan program kerjasama PT Astra International Tbk. Yang dilakukan bersama perusahaan principal asal Jepang Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC).

Selama tujuh tahun generasi pertamanya yang diluncurkan pada Januari 2004, avanza dan Xenia memang telah menorehkan fenomena penjualan terbaru. Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto. Ia menjelaskan, fakta fenomenal Avanza dan Xenia ini di tunjukkan dengan angka penjualan tertinggi sepanjang sejarah penjualan mobil di Indonesia.

“Angka penjualan kedua mobil ini hampir telah menembus satu juta unit. Hingga Oktober 2011 lalu saja angka penjualan secara keseluruhan telah mencapai 981.230 unit,” ujarnya. Menurut prijono, tradisi juara keduannya memang telah diperlihatkan sejak awal diperkenalkan sejak Januari 2004.

Pertama kali diluncurkan, jelas dia, Avanza dan Xenia hanya ditarget 3500 hingga 4000 unit per bulannya. “Namun ternyata keduanya mampu menunjukkan prestasi penjualan yang luar biasa hingga bisa menembus angka lebih dari 20.000 perbulannya hingga Oktober kemarin,” jelasnya.

Acara peluncuran perdana All New Avanza dan Xenia ini selain dihadiri pimpinan Astra International, beserta Toyota dan Daihatsu asal Jepang. Dihadiri juga Mentri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan.

Mendag berharap dengan hadirnya generasi kedua Avanza dan Xenia ini dapat mendorong peningkatan ekspor otomotif dalam negeri. “Indonesia berpotensi besar menjadi pelaku ekspor otomotif di kawasan Asia dan Afrika,” ujarnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement