Jumat 26 Aug 2011 20:08 WIB

KIA Optima Incar Rekor Dunia

KIA Optima
KIA Optima

REPUBLIKA.CO.ID,Kia Motors Corp., produsen mobil terbesar kedua Korea Selatan, mengatakan Jumat bahwa mobil "hybrid" Optima akan menciptakan Rekor Dunia Guiness untuk "best mileage car" dengan menjelajahi Amerika Serikat.

Tantangan Guinness itu akan dimulai dengan keberangkatan sedan Optima dari pabrik produksinya di West Point, Georgia, pada Jumat waktu setempat dan menjelajahi seluruh negara bagian yang berjumlah 48 dengan pengecualian Alaska dan Hawaii hingga 10 September.

Mobil itu dan dua pengendaranya diperkirakan akan menempuh perjalanan sepanjang 12.800 kilometer, dan menggunakan  teknis berkendara "hypermiling" untuk memperoleh jarak terbaik.

"Tujuannya bagi mobil untuk mencapai keekonomian bahan bakar lebih baik dari 22,4 kilometer per liter bahan bakar yang diraih oleh  Volkswagen Jetta dengan mesin disel 2.0 liter pada 2009," kata Kia.

Target tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 21 kilometer dengan seliter bahan bakar yang telah diujikan oleh pabrik mobil itu, namun lebih rendah dari 28,6 kilometer yang dicapai oleh juara "eco-driver contest" yang diselenggarakan di Korea Selatan pada Juli.

Optima "hybrid", yang dinamakan K5 "hybrid" di pasar Korea Selatan, pertama kali bisa dinikmati konsumen AS pada Juni dan menerima penilaian yang baik.

Produsen mobil itu mengatakan seluruh tantangan itu akan dilaporkan langsung melalui laman Facebook resminya (www.facebook.com/Kiamotorsworldwide) dan blog (www.kia-buzz.com).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement