Rabu 16 Feb 2011 12:45 WIB

Daihatsu Siapkan Mobil Murah untuk Pasar Asia Tenggara

Mobil murah keluaran Daihatsu akan serupa Etios (gambar atas), merek baru Toyota yang pertama diluncurkan di India
Foto: Daihatsu-Toyota
Mobil murah keluaran Daihatsu akan serupa Etios (gambar atas), merek baru Toyota yang pertama diluncurkan di India

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Produsen mobil asal Jepang Daihatsu, anak perusahaan  Toyota, akan mulai memproduksi mobil kompak rendah harga. Pabrikan mereka di Indonesia ditugasi untuk menggolkan proyek ini pada tahun 2013 untuk dijual di negara-negara Asia Tenggara.

Menurut bocoran, Daihatsu berencana untuk mengembangkan kendaraan hemat bahan bakar. Produk mereka 70 persen akan dijual di bawah merek Toyota, Harian Nikkei mengatakan tanpa mengutip sumber.

Mobil-mobil itu akan dipasarkan seharga 900 ribu yen (pada kisaran setara Rp 68 juta - 70 juta) dan akan menjadi  mobil termurah di kelasnya untuk pasar global. Kendaraan baru akan sedikit lebih kecil daripada Etios, sebuah sedan kecil Toyota  yang diluncurkan di India akhir tahun lalu, katanya.

Daihatsu, yang sudah memiliki pabrik di Jakarta yang mampu merakit 280 unit kendaraan per tahun, berencana untuk membelanjakan 20 miliar yen untuk membangun pabrik baru, yang akan memiliki kapasitas tahunan awal 100 ribu  unit,  kata harian itu.

Toyota dan Daihatsu adalah mobil terlaris pertama dan kedua mobil di Indonesia, menguasai 53 persen  pasar, kata Nikkei.

sumber : The Straits Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement