Kamis, 20 Januari 2011, 08:26 WIB

Serius di Bisnis Otomotif, Cina Bangun Pusat Riset Mobil di AS

Red: Siwi Tri Puji B
AP PHOTO
Presiden Cina, Hu Jintao, ditemani oleh Wakil Presiden AS, Joe Biden, melambaikan tangan dalam upaca penyambutan di Andrews Air Force Base, Selasa (18/1/2011)
Presiden Cina, Hu Jintao, ditemani oleh Wakil Presiden AS, Joe Biden, melambaikan tangan dalam upaca penyambutan di Andrews Air Force Base, Selasa (18/1/2011)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Changan Automobile Group China, Kamis mengumumkan, pihaknya membuka pusat penelitian dan pengembangan di kota motor AS, Detroit, media pemerintah melaporkan.
Changan akan menjadi produsen mobil China pertama yang memiliki basis penelitian di AS, kantor berita Xinhua melaporkan.

Pengumuman itu datang karena Beijing dan Washington menandatangani kesepakatan perdagangan senilai 45 miliar dolar AS selama kunjungan kenegaraan Presiden China Hu Jintao ke Amerika Serikat.

Pusat penelitian di Detroit akan mengkhususkan diri dalam teknologi chassis, proses riset mesin, dan manufaktur bersistem komputer, kata ketua Changan Xu Liuping dalam keterangannya pada Xinhua.

"Pusat AS (penelitian) akan memainkan peranan penting dalam meningkatkan sistem pengembangan produkglobal kami dan dalam menangkap tren teknologi otomotif global," kata Xu.

Di antara kesepakatan yang ditandatangani dalam kunjungan Hu adalah 19 miliar dolar kontrak bagi China untuk membeli 200 pesawat Boeing.

Berbasis di barat daya pusat ekonomi China Chongqing, Changan sudah memiliki pusat-pusat penelitian di luar negeri di Turin di Italia, Yokohama di Jepang dan Nottingham di Inggris.

Xinhua mengatakan, pusat penelitian Detroit diharapkan menghasilkan lebih dari 100 pekerjaan berteknologi tinggi bagi masyarakat lokal dalam lima tahun.

Sumber : Antara
loading...

Berita Terkait