Senin , 04 Desember 2017, 14:50 WIB

Cegah Kehilangan Mobil dengan Kunci Otomatis yang Dibajak

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Mashable
 Faraday Sleeve, tempat mengamankan kunci mobil. Ilustrasi
Faraday Sleeve, tempat mengamankan kunci mobil. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencuri mobil mewah baru seharusnya tidak mudah. Namun ternyata, sering terjadi pencurian terhadap mobil mewah. Itu karena, tombol kunci nirkabel yang sama, dirancang untuk membuka dan menghidupkan kendaraan mewah dapat dipaksakan untuk bekerja sebaliknya.

Maling hanya membutuhkan waktu kurang dari 60 detik untuk membuka kunci mobil. Sementara teknik jacking mobil, yang semestinya sulit untuk dibuka, ternyata juga bisa dengan mudah dirusak.

Dikutip dari Mashable, yang dibutuhkan hanyalah sedikit tindakan pencegahan agar mobil aman. Metode yang dimaksud disebut serangan relay. Meski bukan ancaman baru, sekali lagi ada pikiran pemilik mobil yang khawatir menyusul pencurian Mercedes-Benz di Inggris. Dalam pencurian itu, dua penjahat dapat terlihat berjalan ke mobil yang diparkir, menggunakan dua perangkat, dan kemudian melarikan diri.

Aksi tersebut hanya memakan waktu singkat, yaitu dengan bukti video berdurasi 86 detik. Lalu bagaimana mereka melakukannya? Sementara alat yang tepat yang digunakan oleh kedua bandit itu tidak jelas.

Pada dasarnya, perangkat, dalam kasus ini dipegang oleh satu pencuri di sebelah pintu garasi, mencari, menemukan, dan mengirimkan sinyal dari fob kunci nirkabel di dalam rumah korban. Sinyal itu dikirim ke perangkat kedua, dipegang oleh pencuri lain, di dekat mobil itu sendiri.

Mobil itu dimanipulasi untuk merespons fob yang hadir, dan kemudian bisa menjadi keduanya tidak terkunci dan dimulai. Perangkat ini bahkan telah dijual secara online. Jadi, tidak seperti wizard mekanis untuk membangunnya dari nol.

Yang penting, mereka hanya bekerja pada mobil yang memiliki sistem pengapian tanpa kunci. Sehingga memungkinkan pengemudi untuk memulai mobil dengan menekan sebuah tombol setelah kendaraan mendeteksi adanya kunci. Serangan tersebut tidak akan menyalakan mobil dengan kunci kontak yang hanya memiliki fob klik untuk membukanya.

Ada cara untuk mencegah manipulasi fob tersebut. Agar perangkat bisa menyampaikan sinyal dari fob legit, pertama-tama harus bisa mendeteksinya di dalam rumah. Menjaga fob kunci dalam Faraday Sleeve, kantong yang dirancang untuk memblokir transmisi radio, untuk bisa mencegah pembajakan.

Intinya, pengguna hanya perlu memastikan di manapun menyimpannya, kunci di harus berada di Faraday Sleeve. Atau jika di siang hari, bisa menyimpan kunci mobil di tas atau saku jaket, dengan menambahkan Faraday Sleeve ke mix.