Senin 21 Aug 2017 13:37 WIB

GLC Disebut SUV Paling Populer dari Mercedes-Benz

Rep: reja irfa widodo / Red: Winda Destiana Putri
Mercedes-Benz GLC
Foto: Carscoops
Mercedes-Benz GLC

REPUBLIKA.CO.ID, BREMEN -- Selain dikenal sebagai produsen mobil-mobil sedan mewah, Mercedes Benz ternyata juga memiliki deretan mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Mulai dari tipe GLA, GLS, GLK, hingga GLC. Namun, diantara semua tipe SUV dari Mercedes Benz itu, tipe GLC menjadi yang paling populer.

Bahkan, berdasarkan lansiran dari laman Carscoops, Ahad (20/8) WIB, perusahaan otomotif yang berbasis di Jerman itu telah memproduksi satu juta unit mobil GLC. Tipe ini merupakan pengembangan dari tipe GLK, yang pernah diluncurkan pada 2008 silam.

GLC, yang baru diluncurkan pada 2015 silam, diharapkan dapat menjadi penghubung antara keunggulan SUV dengan kemewahan sedan kelas C milik Mercedes Benz. Selain itu, Mercedes Benz juga telah meluncurkan GLC seri Coupe, yang memiliki desain atap lebih ramping dan hanya memiliki empat pintu.

''Pembangunan mobil GLC yang memasuki satu juta unit dilakukan di Bremen, Jerman. Di sana mobil tersebut diproduksi berbarengan dengan produksi sedan dan jenis wagon. Namun, dengan kecepatan produksi yang lebih tinggi,'' tulis keterangan di laman Carscoops tersebut.

Namun, GLC tidak hanya diproduksi di Jerman. Salah satu komponennya dibuat di Valmet, Finlandia, dan ada pula pabrik perakitannya di Cina. Pasar di Cina memang menyumbang separuh dari total penjualan GLC di seluruh dunia, lebih besar ketimbang di Amerika Serikat dan Jerman. Dengan menyediakan sembilan pilihan mesin, belasan warna, dan berbagai desain trim, mobil GLC diklaim memiliki begitu banyak variasi yang bisa dipilih konsumen.

Pihak Mercedes mengklaim, bahkan dengan banyaknya unit yang telah diproduksi, tidak ada mobil GLC yang benar-benar sama satu sama lain. ''Pilihan-pilihan kombinasi itu ternyata mampu membuat mobil ini sebagai salah satu mobil favorit di kelasnya, SUV untuk kelas premium,'' tulis laporan tersebut.

Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, Mercedes Benz mencatat penjualan sekitar 4 juta unit untuk mobil kelas SUV. Seperempat dari angka tersebut disumbangkan dari penjualan tipe GLK/GLC. Namun, secara umum, model yang paling populer dari Mercedes Benz adalah tipe E-Class. Sejak dua tahun lalu, Mercedes Benz mampu menjual tipe ini, baik sedan maupun wagon, hingga 13 juta unit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement