Kamis 30 Jan 2014 21:43 WIB

KIA Tambah 10 Dealer

Rep: Agus Raharjo/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kia Rio
Kia Rio

REPUBLIKA.CO.ID, PT Kia Mobil Indonesia berhasil mencatatkan peringkat 10 dalam peringkat Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia tahun 2013.

Hasil itu diperoleh setelah KMI mampu memasarkan kendaraan buatan Korea tersebut sebanyak 12.121 unit di Indonesia. Hasil ini menjadi catatan yang menggembirakan pabrikan, sebab, penjualan Kia tingkat global juga menorehkan penjualan sebanyak 2.746.643 unit di seluruh dunia. Hasil ini menempatkan Kia sebagai salah satu produsen otomotif yang bertaraf internasional.

Dengan hasil penjualan tahun lalu, KMI menargetkan mampu menjual produk Kia sebanyak 12.500 untuk tahun ini. Target ini hanya sedikit mengalami kenaikan karena tahun ini menjadi tahun yang sulit diprediksi.

Direktur Marketing PT KMI, Hartanto Sukmono mengungkapkan, target 12.500 merupakan target yang paling realistis untuk tahun ini. Kia masih akan mengandalkan produk Picanto dan Rio sebagai tulang punggung penjualan Kia tahun 2014. Kedua produk ini telah membuktikan diri mampu mendongkrak penjualan Kia. 

Dari data penjualan selama tahun 2013, Picanto mampu menguasai 52 persen seluruh penjualan KMI dengan total terjual 6375 unit. Sedangkan All New Rio mampu menduduki peringkat 2 dengan penjualan sebanyak 3326 unit dan menguasai penjualan KMI sebesar 27 persen.

Hartanto mengatakan, tahun ini, untuk mendukung pencapaian target penjualan serta peningkatan kualitas pelayanan, KMI akan menirikan 10 dealer baru. Ini menjadi focus rencana KMI yang menitikberatkan pada kualitas layanan untuk menyongsong tahun 2014.

“Akan ada penambahan 10 dealer lagi, fokusnya di luar Jakarta,” kata Hartanto di Jakarta.

Spesifikasi 10 dealer untuk luar Jakarta ini akan melihat kebutuhan di lapangan. Kalau di satu wilayah yang akan dibangun dealer baru tersebut tidak ada bengkel Kia, maka dealer yang akan dibangun berspesifikasi 3S. saat ini, Kia memiliki 80 dealer di seluruh Indonesia.

KMI memang memprioritaskan pada layanan purna jual tahun 2014 ini. Selain memerluas jaringan dealer menjadi 90 unit tahun 2014, KMI juga memberikan program garansi 5 tahun/ 150.000 km pada produk-produknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement