Thursday, 25 Syawwal 1435 / 21 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

Nairobi Tawarkan Diri Tuan Rumah Olimpiade 2024

Thursday, 09 August 2012, 14:06 WIB
Komentar : -1
Reuters/Nigel Roddis
Olimpiade 2012 London
Olimpiade 2012 London

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Kenya, Raila Odinga menyatakan ketertarikannya menjadi tuan rumah olimpiade 2024. Kenya akan segera memulai proses penawaran tersebut.

"Perdana Menteri Kenya Raila Odinga, berbicara di Kenya National House hari ini, mengumumkan bahwa Republik Kenya akan memulai proses penawaran menjadi tuan rumah Olimpiade ke-33 pada 2024," demikian pernyataan dari "Kenya House".

Penawaran ini terbilang istimewa, lantaran negara-negara di Afrika belum pernah menjadi tuan rumah pesta olah raga bangsa-bangsa dunia itu.

"Bila berhasil, maka pertandingan ini merupakan yang pertama diadakan di Afrika," katanya.

Komite Olimpiade Internasional baru akan memilih tuan rumah Olimpiade 2024 pada tahun 2017 dan kampanye untuk menjadi tuan rumah itu dimulai dua tahun sebelumnya.

Kenya bukanlah negara Afrika pertama yang mengajukan penawaran. Kairo, ibukota Mesir pernah mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah 2008 namun gagal.

Cape Town di Afrika, juga menawarkan diri pada 2004, yang kemudian diadakan di Athena.

Olimpiade 2016 akan diadakan di Rio de Janeiro - pertama kali di Amerika Selatan - sedangkan Tokyo, Madrid dan Istanbul mencalonkan diri untukk acara 2020, dan keputusannya akan diumumkan tahun depan.


Redaktur : Hazliansyah
Sumber : Antara/Reuters
Sesungguhnya Allah SWT mengampuni beberapa kesalahan umatku yang disebabkan karena keliru, karena lupa, dan karena dipaksa (HR Ibnu Majah, Baihaqi, dan lain-lain)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar