Senin, 02 Juli 2012, 23:59 WIB

Menpora Petakan Potensi Olahraga Daerah

Red: Didi Purwadi
Republika/Tahta Aidilla
Menpora Andi Mallarengeng
Menpora Andi Mallarengeng

MANADO -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera memetakan potensi olahraga daerah. Setiap daerah nantinya memprioritaskan olahraga tertentu yang memungkinkan atlet daerah itu dapat berprestasi.

"Setelah Pekan Olahraga Nasional, kita petakan olahraga unggulan daerah sehingga daerah tersebut menekuni cabang unggulannya," kata Menpora, Andi Mallarangeng, saat Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan Nasional Pembangunan Bidang Kepemudaan dan Olahraga di Manado, Senin malam.

Selain itu, kata Menpora, jenis-jenis olahraga yang ditangani oleh Pusat Pelatihan dan Pendidikan Pelajar (PPLP) di daerah juga perlu dievaluasi kembali. Banyak PPLP yang menangani olahraga yang sebenarnya tidak berkembang dan tidak berprestasi di daerah tersebut.

"Cabang olahraga yang tidak berkembang di PPLP lebih baik ditutup saja. Cari cabang olahraga yang memberikan prestasi," kata Andi.

Menpora juga mewacanakan menjadikan PPLP sebagai sekolah olahraga. Dia telah membicarakannya dengan Mendikbud. Menpora mengatakan saat ini sudah ada beberapa daerah yang fokus pada cabang-cabang tertentu dan berhasil hingga tingkat internasional.

Sumber : Antara
loading...