Kamis, 27 Ramadhan 1435 / 24 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bahasa Indonesia pun Bergema di Olimpiade

Kamis, 28 Juni 2012, 08:32 WIB
Komentar : 0
robladin.com
Logo Olimpiade 2012.
Logo Olimpiade 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Para atlet maupun masyarakat dari berbagai negara yang ingin mendapatkan informasi seputar Olimpiade 2012 London tidak perlu menghadapi kendala bahasa termasuk Bahasa Indonesia dengan diluncurkannya "U-STAR" di London.

Peluncuran aplikasi penerjemah wicara-ke-wicara untuk 23 Bahasa termasuk Bahasa Indonesia dan 17 diantaranya dengan input suara dilakukan sebulan menjelang penyelenggaraan pesta olahraga dunia yang akan memudahkan masyarakat berkomunikasi dan mendapatkan informasi seputar olimpiade.

Dr Chiori Hori dari Konsorsium Riset Internasional U-STAR mengatakan lembaga riset berkedudukan di Jepang beranggotakan 26 institusi dari 23 negara termasuk Dr Oskar Riandi dari BPPT meluncurkan 'VoiceTra4U-M', sebuah aplikasi penerjemah wicara-ke-wicara .

"VoiceTra4U-M dapat menjadi solusi praktis bagi banyak orang yang ingin mengatasi masalah komunikasi karena keterbatasan kemampuan berbahasa asing," ujar Oskar Riandi .

"U-STAR yang telah merilis 'VoiceTra4U-M' untuk iPhone dan melakukan eksperimen secara global diharapkan masyarakat luas akan menggunakan 'VoiceTra4U-M' dalam berbagai kesempatan ketika layanan penerjemahan dan interpretasi dibutuhkan pada Olimpiade London yang akan diselenggarakan pada bulan Juli mendatang.

Aplikasi yang dapat di download bagi pemegang iphone ini akan memudahkan masyarakat dari berbagai negara berkomunikasi langsung yang dapat digunakan oleh 95 persen populasi dunia dan memungkinkan lima pengguna untuk berkomunikasi secara simultan.

Menurut Dr Chiori Hori dari Jepang, seluruh anggota U-STAR telah melakukan kerja sama dalam mengembangkan sistem penerjemahan wicara multibahasa untuk menyediakan layanan penerjemahan melalui suatu aplikasi yang diteliti sejak tahun 2006.

Redaktur : Hafidz Muftisany
Sumber : Antara
Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Buka Puasa Bersama Obama Diwarnai Seruan Boikot
WASHINGTON -- Acara buka puasa tahunan di Gedung Putih diwarnai seruan boikot, sebagai bentuk protes kebijakan pemerintahan Obama terhadap konflik di Gaza. Selengkapnya...