Senin 21 May 2012 23:59 WIB

Palestina Cetak Sejarah Loloskan Atletnya ke Olimpiade

Logo Olimpiade 2012.
Foto: robladin.com
Logo Olimpiade 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM -- Seorang juara judo dari Yerusalem timur menjadi atlet judo Palestina pertama yang lolos untuk mengikuti Olimpiade. Dia mendapat tempat untuk bertanding di London. Demikian disampaikan Komite Olimpiade Palestina kepada AFP pada Senin.

Maher Abu Rmeileh (28), yang datang dari Kota Tua Yerusalem, akan bergabung dengan delegasi Palestina menuju London pada musim panas ini.

"Abu Rmeileh lolos berdasarkan poin dan bukan karena undangan seperti (atlet) yang lain," kata Hani al-Halabi yang akan memimpin kontingen Palestina. "Ia layak untuk lolos."

Halabi mengatakan bahwa kesuksesan Rmeileh membuat Palestina kini memiliki lima atlet pada Olimpiade.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah olahraga Palestina, salah satu atlet mendapatkan poin yang cukup untuk lolos ke Olimpiade.

Partisipasi atlet-atlet Palestina selama ini didapat karena undangan dari Komite Olimpiade. Hak bertanding diberikan kepada negara-negara yang gagal memenuhi standar untuk lolos. "Fakta bahwa seorang warga Palestina lolos ke London adalah pencapaian hebat untuk olahraga Palestina," kata Halabi.

Sementara, Abu Rmeileh mengatakan bahwa dirinya sangat gembira bisa berkompetisi di Olimpiade. "Saya merasa hebat. Saya sangat bahagia menjadi orang Palestina pertama yang lolos ke Olimpiade," ucapnya. "Saya telah mencapai sesuatu yang hebat dengan keberhasilan ini. Saya mendapatkan 20 poin yang diperlukan."

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement