Selasa 06 Mar 2012 10:18 WIB

Atlet Inggris Dilarang Bersalaman di Pertandingan Olimpiade

Rep: Friska Yolandha / Red: Didi Purwadi
Sebuah tug boat yang membawa Cincin Olimpiade di Sungai Thames, London.
Foto: AP
Sebuah tug boat yang membawa Cincin Olimpiade di Sungai Thames, London.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pejabat resmi Olimpiade London meminta atlet Inggris untuk tidak bersalaman dengan pemain lawan pada Olimpiade nanti. Hal tersebut dinilai dapat menyebarkan virus berbahaya yang mengancam perolehan medali para atlet Inggris tersebut.

Saran ini disampaikan oleh Kepala Medis Asosiasi Olimpiade Britania (BOA), Dr Ian McCurdie. Ia menyebutkan dengan berjabat tangan atlet akan mudah tertular virus berbahaya di 'lingkungan yang cukup menegangkan'. Hal ini berdampak pada perolehan medali oleh bintang Olimpiade inggris seperti Victoria Pendleton dan Rebecca Adlington.

"Saya rasa ya. Tidak ada salahnya memberi saran seperti itu," ungkap McCurdie, dilansir dari laman Mirror, Selasa (6/3).

Ia menambahkan, para atlet ini sudah berlaga dalam beberapa pertandingan. Kemudian mereka harus bersalaman dengan 20 orang atlet yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Hal ini tentu saja dirasa sangat riskan bagi para atlet yang ingin bertanding.

Kecuali atlet sudah memahami tentang pentingnya mencuci tangan sebelum bertanding, yang akan mengurangi risiko penularan penyakit yang berpengaruh pada prestasi atlet. "Itu adalah poin yang sangat bagus," tandas McCurdie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement