Jumat 20 Jan 2012 23:00 WIB

Dana APBD untuk Bayar Utang SEA Games

Logo Sea Games
Foto: Republika
Logo Sea Games

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Peraturan daerah tentang dana cadangan untuk pembayaran utang pembangunan tiga arena pertandingan pada SEA Games 2011 kini sedang diusulkan. Perda tersebut diusulkan dalam penyusunan program legislasi daerah (Prolegda) DPRD Sumatera Selatan tahun 2012.

Ketua Badan Legislasi DPRD Sumsel, Ahmad Yani, menyebutkan ada 14 peraturan daerah yang diusulkan pihak eksekutif. Salah satunya adalah usulan pembentukan dana cadangan untuk membayar utang pembangunan tiga fasilitas olahraga SEA Games XXVI.

''Peraturan daerah pembentukan dana cadangan SEA Games itu baru diajukan judulnya dan belum ada naskahnya. Itu karena sedang disiapkan,'' kata Ahmad.

Usulan penggunaan dana APBD ini berbanding terbalik dengan komitmen Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, jauh hari sebelum pelaksanaan SEA Games 2011. Alex setiap kesempatan selalu menyatakan bahwa pembangunan fasilitas olahraga untuk pesta olahraga empat tahunan itu tidak akan menggunakan dana APBD. Tapi, SEA Games 2011 ternyata masih menyisakan utang yang harus dibayar dengan memakai dana APBD.

Ahmad mengatakan bahwa peraturan daerah pembentukan dana cadangan utang SEA Games sebesar Rp324,9 miliar itu akan dibahas dasar hukumnya jika sudah diajukan pihak eksekutif. Lalu, tujuannya apa dan akan dibandingkan dengan perundang-undangan lainnya. ''Mengenai pengambilan keputusan, itu nantinya di panitia khusus (Pansus),'' jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement