Rabu 30 Nov 2011 21:56 WIB

Kalahkan Merdov, Chris John Incar Unifikasi Gelar

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Chris John
Chris John

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Petinju Indonesia, Chris John, berhasil mempertahankan sabuk Super Champion kelas bulu WBA setelah menang angka mutlak menghadapi Stanyslav ‘Stas’ Merdov asal Ukraina di Stadion Challenge, Perth, Australia Barat, Rabu (30/11) malam WIB. Chris John sukses melanggengkan dominasinya di kelas bulu setelah dinyatakan menang angka 116-111, 116-111 dan 115-112.

“Seperti sudah saya perkirakan, pertarungan bakal ketat karena dia jangkauannya lebih panjang. Saya sudah lama tidak menghadapi petinju seperti dia. Tapi, saya sudah siap,” kata Chris John, ketika dihubungi wartawan dari Jakarta, Rabu (30/11).

Pukulan hook kanan Chris berhasil menjatuhkan Merdov pada ronde kedua. Merdov harus menunggu hingga hitungan kelima untuk bangkit. Kondisi Merdov yang masih limbung sempat membuat Chris John memiliki kesempatan untuk melancarkan pukulan ke arah wajah petinju Ukraina tersebut hingga ronde kedua berakhir.

Tapi, Merdov memanfaatkan postur tubuhnya yang lebih tinggi untuk melepaskan pukulan ke arah Chris John. Bahkan, pukulan petinju berusia 35 tahun ini sempat membuat pelipis mata kanan Chris mengucurkan darah pada ronde keenam.

“Setelah terjatuh, lawan tampil all-out dan nothing to lose. Ia hanya berusaha untuk membalikan kondisi karena terjatuh di ronde kedua,'' kata Chris John. ''Saya juga sudah berusaha sekuat tenaga, tapi justru pelipis saya kena.''

Chris John yang mendapatkan empat jahitan itu sempat melepaskan pukulan keras ke arah Merdov pada ronde sembilan. Pada akhir-akhir pertandingan, Merdov sempat berusaha melawan dengan melayangkan sejumlah pukulan. Tapi, juri tetap memberikan nilai tertinggi bagi Chris John.

Gelar Unifikasi

Kemenangan atas Merdov ini memperpanjang rekor kemenangan Chris John menjadi 46 menang (22 KO) dan dua kali imbang. Selanjutnya, Chris John sudah siap kalau harus meladeni tantangan dari juara kelas bulu IBF, Billy Dib.

Chris mengatakan dirinya memang membidik juara unifikasi setelah berhasil mempertahankan gelar untuk ke-15 kalinya. “Saya senang kalau rencana itu dimatangkan. Billy Dib pernah jadi sparing partner saya beberapa tahun lalu,” kata dia.

Sementara, kejutan diberikan Anna Maria Megawati. Istri Chris John naik ke atas ring untuk menyanyikan Indonesia Raya. Chris John mengatakan penampilan istrinya ittu memberikan motivasi lebih untuk menjatuhkan Merdov.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement