Selasa 08 Nov 2011 20:51 WIB

Chris John Siapkan Strategi Hadapi Merdov

Rep: Ratna Puspita/ Red: Chairul Akhmad
Chris John
Chris John

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juara Dunia Super kelas bulu versi WBA, Chris John, dijadwalkan kembali naik ring menghadapi Stanyslav ‘Stas’ Merdov di Stadion Challenge, Perth, Australia, 30 November mendatang.

Chris berambisi untuk memperpanjang rekor mempertahankan sabuk juara dunia hingga ke-15 dengan menaklukkan petinju asal Ukraina tersebut.

Chris mengatakan sudah melakukan persiapan selama dua hingga 2,5 bulan untuk melakoni pertarungan ini. Bahkan petinju asal Jawa Tengah ini sudah melakukan latihan di Australia sejak September lalu.

“Latihan teknik dan fisik tidak ada yang berbeda. Saat ini, persiapan lebih banyak difokuskan pada strategi. Dengan lawan yang berbeda, maka kami harus mengubah strategi,” kata dia melalui percakapan jarak jauh dari Jakarta, Selasa (8/11).

Untuk menyiapkan strategi yang jitu, Chris pun akan mulai mempelajari gaya bertarung calon lawannya yang menghuni peringkat 11 WBA melalui rekaman pertandingan. “Saya belum tahu seperti apa pertarungannya,” ujar dia.

Chris mencatat kemenangan angka mutlak dari petinju Indonesia lainnya, Daud Jordan, pada April silam. Sejak kemenangan itu, Mahkota Promotion sempat kesulitan mencari lawan untuk Chris. Duel paling ditunggu menghadapi petinju Kuba yang juga mantan juara dunia kelas bulu versi WBA, Yuriorkis Gamboa, gagal digelar.

Penata tanding Chris, Martinez Dos Santos, mengatakan pilihan dijatuhkan pada Merdov yang menyandang sabuk juara kelas bulu Eropa. Dia menilai pemegang rekor 32-7-0 (24 KO) itu berpeluang mengancam dominasi Chris sejak 2003 silam.

“Orang boleh berpendapat dia tidak memiliki kemampuan sehebat Chris John. Tapi petinju Ukraina ini cukup berbahaya dan memiliki gaya yang unik. Apalagi, selama ini Chris lebih sering menghadapi petinju dari Amerika Latin,” kata Martinez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement