Selasa 08 Nov 2011 11:48 WIB

Petinju Legendaris Joe Frazier Meninggal Dunia Karena Kanker Hati

Pertarungan Joe Frazier (kiri) melawan Muhammad Ali (kanan)
Foto: AP
Pertarungan Joe Frazier (kiri) melawan Muhammad Ali (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA--Mantan juara dunia tinju kelas berat, Joe Frazier, meninggal dunia akibat kanker hati. Frazier meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah beberapa tahun terakhir bertarung melawan kanker hati.

Para penggemar tinju akan mengingat pertarungan sengit Frazier-Muhamad Ali yang terjadi selama tiga kali. Frazier juga menjadi satu-satunya petinju yang berhasil mengalahkan Ali dalam pertarungan di Madison Square Garden 1971.

Frazier hidup dalam bayang-bayang Muhammad Ali. Tiga seri pertarugan mereka membuat hatinya terluka. Bukan karena adu pukul, tapi karena mulut Ali yangsaat itu kerap menghina Frazier.

Ali menjuluki Frazier dengan sebutan gorila. Ia juga memanggil Frazier 'Paman Tom' merujuk pada novel legendaris tentang diskriminasi ras.

Pertarungan terakhir keduanya berlangsung di Manila. Pertarungan ini bertajuk Thriller in Manila, pada 1975. Pertarungan tinju hidup mati bagi keduanya. Selama 15 ronde saling tukar pukulan, kedunya mengaku nyaris tewas. Kalau kubu tidak Frazier menghentikan pertarungan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement