Ahad 11 Sep 2011 08:56 WIB

Foto Finishnya Baru Dipesan di Malaysia, Tes Event Atletik SEA Games Terancam Molor

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Tes event SEA Games ke-26 untuk cabang olahraga atletik terancam molor dari jadwal semula. Ini karena peralatan foto finish belum tersedia.

"Peralatan foto finish lagi dipesan di Malaysia dan nanti akan datang serentak dengan jam digital merek Olimpic pada pertengahan Oktober mendatang. Padahal, tes event direncanakan pada 21-28 September ini. Jadi, bisa-bisa diundur pelaksanaannya" kata Manajer Proyek PT Prambanan Dwi Paka, Tejo Kuncoro, di Palembang, Ahad (11/9).

Menurut Tejo, peralatan foto finish menjadi keharusan dalam suatu event berskala internasional. "Suatu rekor yang tercipta baru diakui dunia apabila event tersebut berstandarkan internasional atau memiliki peralatan seperti foto finish. Jadi, tidak mungkin menggelar tes event SEA Games tanpa foto finish," ujar dia pula.

Dia pun menyarankan kepada Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) untuk berupaya meminjam ke Pengprov DKI Jakarta atau Riau. "Salah satu cara agar tes event tetap dilaksanakan sesuai jadwal adalah dengan meminjam peralatan milik DKI Jakarta atau Riau. Tapi, semua kami serahkan kepada PB PASI. Pada prinsipnya, venue telah siap dipakai pada akhir September ini," kata dia.

Ia menerangkan, venue atletik berupa stadion dengan delapan lintasan, dan stadion pemanasan dengan enam lintasan. "Untuk stadion dengan delapan lintasan sudah rampung hampir seratus persen, sedangkan stadion pemanasan masih dalam pengerjaan," kata dia lagi.

Tejo menambahkan, pemasangan karet sintetis pada lintasan itu dilakukan oleh tenaga ahli dari Hongkong. "Nanti pemasangan foto finish dan jam digital juga akan dilakukan oleh tenaga kerja dari Hongkong, setelah menyelesaikan pengerjaan lintasan," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement