Sabtu 05 Aug 2017 14:06 WIB

Menpora Sambut Tim Gowes Pesona Nusantara di Rangkasbitung

Menpora Imam Nahrawi (tengah) saat ikut bersepeda menyambut tim Gowes Pesona Nusantara di Rangkasbitung, Lebak.
Foto: Humas Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi (tengah) saat ikut bersepeda menyambut tim Gowes Pesona Nusantara di Rangkasbitung, Lebak.

REPUBLIKA.CO.ID, RANGKASBITUNG -- Gowes Touring Pesona Nusantara memasuki Etape 6 Rangkasbitung-Tangerang Selatan-Pondok Indah-Jakarta berjarak 240 Km. Etape ini dinilai sangat berbeda lantaran selain dihadiri oleh Menpora Imam Nahrawi, pria asal Bangkalan itu ikutan bergowes dengan atribut lengkap pebalap sepeda bersama tim Touring Gowes Pesona Nusantara, tim gowes Kemenpora dan ribuan masyarakat setempat.

Selain Menpora Imam Nahrawi, tampak juga ikut bergowes Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya sepanjang 10 Km berkeliling Kota Rangkasbitung. Rombongan gowes yang dipimpin Menpora Imam Nahrawi itu kemudian singgah dipemandian air panas Cipanas yang merupakan salah satu destinasi wisata di Cipanas, Kabupaten Lebak dengan menempuh jarak 40 Km dari start.

Secara mengejutkan, Menpora disambut ratusan anak sekolah dalam perjalanannya. Mereka mengerubungi Menteri termuda dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo itu untuk bersalaman maupun melakukan foto selfie.

Imam dan rombongan Kemenpora mengantar Tim GTPN hanya sampai di pemandian air panas dan akan menyematkan medali kepada atlet sepeda di kota tujuan terakhir hari kedua Etape 6 yakni di Pondok Indah, Jakarta, Ahad (6/8) . Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno akan mengikuti Gowes Pesona Nusantara di etape Ibu Kota ini.

Dalam sambutannya sebelum bergowes, Imam mengharapkan kehadiran Tim GTPN 2017 di Rangkasbitung memberi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat Lebak untuk berolahraga sepeda. Imam berinisiatif agar dalam satu bulan ada satu hari yang secara khusus mewajibkan semua elemen masyarakat memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi.

"Sepeda sebagai alat transportasi yang murah, hemat, tidak berpolusi dan menyehatkan. Saya berharap satu hari bersepeda nasional dimulai di Kabupaten Lebak ini," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Lebak,  Iti Octavia Jayabaya menyerahkan secara simbolis tanah dan air yang diambil dari tanah Suku Baduy yang akan digabungkan dengan tanah dan air dari daerah-daerah lain yang disinggahi Tim GTPN 2017 selama touring dari Kota Sabang sampai terakhir di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Ia berharap agar potensi yang dimiliki Kabupaten Lebak menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari Kemenpora seperti penyediaan sarana dan prasarana olahraga yang dinilai saat ini masih terbatas.

"Bersepeda sebagai salah satu bentuk upaya kita dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Lebak yang sehat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement