Rabu 05 Jul 2017 20:53 WIB

Timnas Absen di Tour de Flores 2017

Pembalap melewati persawahan pada Tour de Flores 2016.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pembalap melewati persawahan pada Tour de Flores 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Nasional Indonesia dipastikan absen pada kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Flores 2017, 14-19 Juli. Sebab, timnas saat ini lebih fokus mempersiapkan diri SEA Games 2017 di Malaysia, 19-31 Agustus.

"Timnas sudah mempunyai program tersendiri sehingga tidak berpartisipasi di Tour de Flores tahun ini. Apalagi pelaksanaan SEA Games 2017 sudah dekat," kata Sekjen PB ISSI Jadi Rajaguguk di sela peluncuran Tour de Flores 2017 di Kantor Kemenpar Jakarta, Rabu (5/7).

Menurut dia, saat ini pembalap timnas masih menjalani pemusatan latihan nasional di dua tempat, yaitu di Yogjakarta dan Solo, Jawa Tengah. Program yang dihadapi adalah pemantapan sebelum menentukan siapa nama pembalap yang akan diboyong ke Malaysia.

Meski timnas tidak bisa turun di Tour de Flores 2017, PB ISSI berharap persaingan tetap berlangsung dengan ketat. Sebab, kejuaraan ini telah masuk kalender federasi balap sepeda internasional (UCI) sehingga banyak tim asing yang terlibat.

"Harapan kami kejuaraan ini bisa memberikan kesempatan bagi pembalap Indonesia yang di luar pelatnas bisa memberikan hasil yang terbaik," kata Jadi menambahkan.

Pada Tour de Flores 2017, ada 20 tim dalam dan luar negeri yang terlibat. Khusus untuk tim dalam negeri, ada tiga yang telah melakukan konfirmasi keikutsertaannya pada kejuaraan level 2.2 ini, yaitu KFC Indonesia, Custom Cycling Club (CCC) dan PGN.

"Sebenarnya ada satu lagi tim asal Indonesia yang akan ikut yaitu SKAB. Namun, saat ini kami masih menunggu konfirmasinya," kata Race Director Tour de Flores 2017 Sondi Sampurno saat dikonfirmasi.

Untuk tim asing, Sondi menjelaskan kalau yang terlibat tidak jauh beda dengan kejuaraan tahun lalu. Hanya saja, dia belum menjelaskan dengan detail mengingat kepastiannya menunggu proses registrasi terakhir.

"Juara tahun lalu (Daniel Whitehouse) kemungkinan akan kembali. Tapi hingga saat ini kami masih menunggu konfirmasi resmi. Semuanya masih dalam proses koordinasi," kata Sondi.

Tour de Flores 2017 akan menempuh jarak 721,6 km yang terbagi dalam enam etape. Etape pertama Larantuka-Maumere (138,5km), Maumere-Ende (141,3 km), Ende-Mbay (111km), Mbay-Borong (151km), Borong-Ruteng (58km) dan Ruteng-Labuan Bajo (121,5 km).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement