Ahad 11 Jun 2017 00:26 WIB

PB ISSI Setorkan 33 Atlet untuk SEA Games

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Raja Sapta Oktohari
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Raja Sapta Oktohari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Induk cabang olahraga (cabor) sepeda Indonesia (PB ISSI) menyodorkan 33 nama untuk berlaga pada SEA Games 2017. 

Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan, tim sepeda Merah Putih akan turun di tiga nomor utama dalam pesta ragam cabang olahraga itu di Malaysia, Agustus mendatang. 

Raja memerinci, lima pebalap berlomba nomor Bcycle Motor-cross x (BMX), 12 nama di nomor road atau jalan, dan sisanya untuk nomor track."Kami (PB ISSI) punya kuota 33. Dan, sudah kita sampaikan kepada Satlak Prima (Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas)," kata dia saat dijumpai di sela iftar bersama kepengurusan PB ISSI di Jakarta, Sabtu (10/6).

Selanjutnya, Satlak Prima akan memutuskan berapa jumlah atlet yang bakal diberangkatkan ke Kuala Lumpur. Raja menambahkan, dari nama-nama tersebut, ada pebalap-pebalap terbaik negeri ini, di masing-masing nomor.  

"Kalau soal (berapa yang diberangkatkan), kami masih akan menunggu Satlak Prima. Di sana nanti yang memutuskan," kata dia. 

Menurt Raja, PB ISSI sudah menyiapkan semua kebutuhan 33 atlet sepeda potensial tersebut. Termasuk kesiapan pragelaran dengan mengikuti sejumlah kompetisi internasional sebagai pemanasan.

Manajer Pelatih PB ISSI Budi Saputra menyampaikan, sejak pekan terkahir Mei lalu, sejumlah atlet yang masuk dalam daftar tersebut berdda di Belanda. Mereka mengikuti sejumlah gelaran di negeri tersebut. 

Para atlet yang kini berada di Belanda tersebut sekaligus akan mengikuti training camp atau pemusatan latihan. Rencananya, pemusatan tersebut akan berlangsung selama dua bulan. 

Dari Amsterdam, para atlet-atlet tersebut akan menuju ke SEA Games ke-29. SEA Games 2017 akan digelar selama dua pekan. Pembukaan dimulai pada 18 Agustus. Ada sebanyak 38 cabor yang akan dipertandingkan. Sebanyak 11 negara akan ambil bagian. Seluruh laga, akan berakhir pada 30 Agustus, dan seremoni penutupan, sehari berikutnya. 

Sekertaris di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Dewa Broto, pada Jumat (8/6) menyampaikan, belum ada laporan dari Satlak Prima tentang berapa jumlah atlet nasional yang akan berlaga di Malaysia. Bahkan, dia menyatakan, belum ada keputusan berapa banyak cabor yang akan diikuti oleh kontingen Garuda Indonesia. 

Namun, Kemenpora sudah menunjuk anggota DPR RI, Aziz Syamsudin, sebagai Komandan Kontingen Indonesia (CDM). Pada Jumat (9/6), politikus dari partai Golkar itu, bersama Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto melakukan safari ke pengurus karate dan boling sebagai pemantauan latihan menjelang SEA Games.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement