Jumat , 21 April 2017, 23:04 WIB

Kejuaraan Internasional BMX di Banyuwangi Diikuti 350 Peserta

Red: Andri Saubani
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Sejumlah atlet berlatih di Sirkuit Muncar untuk persiapan kompetisi BMX International 2017 di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (20/4).
Sejumlah atlet berlatih di Sirkuit Muncar untuk persiapan kompetisi BMX International 2017 di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI – Sebanyak 350 peserta akan mengikuti kejuaraan internasional BMX yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 22-23 April 2017. Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jumat (21/4) menjelaskan, kejuaraan BMX yang telah terdaftar dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI) itu akan digelar di Sirkuit Muncar.

“Sirkuit BMX di Muncar ini adalah satu-satunya sirkut BMX di Indonesia yang memenuhi standar UCI," katanya. Ia menjelaskan, bahwa 350 peserta yang sudah mendaftar itu berasal dari sembilan negara, antara lain Jepang, Australia, Prancis, Hong Kong, Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

"Para pengunjung akan bisa menyaksikan aksi jumping atlet-atlet BMX nasional maupun dari luar negeri pada ajang ini. Mereka akan beradu kepiawaian mengendarai sepeda BMX-nya. Pokoknya akan menjadi tontonan yang seru dan menarik," kata Anas.

Menurut dia, kejuaraan BMX Internasional merupakan bagian dari Banyuwangi Festival 2017. Banyuwangi Festival 2017 ini dimeriakna oleh 72 macam kegiatan. Sejumlah kegiatan besar masih mewarnai agenda wisata yang telah digelar sejak 2012 lalu itu, seperti Banyuwangi International Ijen Green Run (23 Juli), Banyuwangi Batik Festival (29 Juli), Kite and Wind Surfing Festival (26-27 Agustus), International Tour de Ijen (27-30 September), Gandrung Sewu (8 Oktober), Banyuwangi Ethno Carnival (11 November). Selain itu, ada dua ajang musik, yakni Banyuwangi Beach Jazz Festival (2 September) dan Ijen Summer Jazz.

Sumber : Antara