Kamis 20 Oct 2016 04:02 WIB

Pembalap Vietnam Juara Etape I Tour de Siak 2016

Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan di kawasan jembatan Siak pada balapan Tour de Siak 2014. (ilustrasi)
Foto: Antara/Rony Muharrman
Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan di kawasan jembatan Siak pada balapan Tour de Siak 2014. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SIAK -- Sebanyak 65 pembalap dari 13 tim berhasil menyelesaikan etape I Tour de Siak 2016 yang menempuh jarak 154,18 kilometer, Rabu. Mereka memulai lomba dari Istana Kesultanan Siak, Kota Siak Sri Indrapura menuju Dayun sebanyak tiga putaran.

Erwin Anwar, Race Director Tour de Siak 2016 mengatakan, lintasan di etape I cenderung lurus dan datar. Tidak ada tanjakan serta tikungan yang tajam. Namun bukan berarti bukan tanpa rintangan, sebab tekanan angin di sepanjang perjalanan melintasi perkebunan kelapa sawit selepas turunan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah menjadi tantangan.

"Ini menjadi pembeda dengan event balap sepeda lain di Indonesia karena trayeknya yang lurus dan lebar," kata Erwin.

Dalam etape ini pembalap asal Vietnam Thanh Dien Tran berhasil menjuarai etape I. Pebalap asal Vietnam National Team (VNT) dengan nomor start 35 itu finis pertama dan disusul pebalap Action Cycling Team asal Taiwan Hsu Hsuan-Ping. Sedangkan pada posisi ketiga diisi pebalap KFC Cycling Team dari Jakarta, M. Imam Arifin.

Thanh Dien Tran finis dengan catatan waktu 3 jam 25 menit 2 detik. Lalu di belakang Thanh menyusul formasi kecil sebanyak tujuh pebalap dengan kecepatan tinggi dengan lintasan jalanan lurus dan datar sepanjang 154,18 kilometer.

Mereka adalah Hsu Hsuang-Ping, Muh Imam Arifin, Thanh Tung Huynh asal Vietnam, Ryan Ariehan asal Boyolali, Alvin Firlandi tim PGN Jakarta Selatan, dan Jamal Hibatullah dari KFC, dengan catatan waktu masing-masing 03 jam 25 menit dan 06 detik.

Sedangkan tiga orang pembalap asal indonesia terbaik pada etape I ini adalah Muh Imam Arifin, Ryan Ariehan, dan Alvin Firlandi.

Etape II akan berlangsung Kamis (20/10) dengan menempuh jarak sepanjang 115, 45 kilometer dari Siak menuju Sungai Apit.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement