Senin 10 Oct 2016 05:41 WIB

Atlet Indonesia Wakili Qatar pada Kejuaraan Dunia Balap Sepeda

Farhan Farizi (pertama dari kiri) atlet nasional Qatar, putra Indonesia dalam kejuaraan balap sepeda internasional di Qatar
Foto: KBRI Qatar
Farhan Farizi (pertama dari kiri) atlet nasional Qatar, putra Indonesia dalam kejuaraan balap sepeda internasional di Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Atlet andalan nasional Qatar, yang juga putra asli Indonesia, Farhan Farizi  berpartisipasi pada kejuaraan dunia balap sepeda Road World Championships (RWC) yang diadakan pada 9-16 Oktober 2016. 

Pemuda asal kota pempek Palembang ini merupakan satu satunya putra Indonesia yang ikut serta dalam  kejuaraan akbar tahunan yang dilaksanakan Union Cycliste Internationale. 

Indonesia kali ini tidak menurunkan atletnya pada kejuaraan akbar ini .

Kejuaraan yang diikuti sekitar 1.000 pembalap dari 75 negara, melibatkan lebih dari 5700 delegasi dari federasi mancanegara, teknisi, dan jurnalis.

Qatar akan diwakili oleh tiga pembalap nasionalnya yaitu Farhan Farizi, Abdullah Afif, dan Jassim al-Jabiri.  

Qatar merupakan negara pertama di kawasan Timur Tengah dan negara Asia kedua, Jepang,  yang menyelenggarakan kejuaraan dunia tersebut pada 1990.

Farhan yang merupakan Pelajar sekolah Qatar Internasional School di Doha yang berusia 17 tahun ini merupakan putra kedua Heri Kartono, tokoh  diaspora Indonesia di Qatar. 

Sebagai pembalap andalan tim nasional Qatar, Farhan memiliki kepercayaan diri tinggi. "Target masuk pada kelompok 50 pembalap junior dunia," ujarnya. 

"Saya telah mempersiapkan diri selama 12 bulan dan memperoleh juara pertama pada kejuaraan road race time trial di Split, Kroasia pada 23 September 2016 lalu," beber Farhan yang telah menjalani pusat pelatihan di Slovenia, Kroasia dan Italia selama dua bulan .   

Menurut  Heri Kartono, sebelum berkecimpung dalam dunia balap sepeda,  Farhan  menekuni olah raga bola voli. "Peluang untuk menjadi pembalap nasional Qatar  lebih menjanjikan" ungkap Heri yang juga pelaku usaha di Qatar.

Farhan yang juga kerap berpartsipasi pada kejuaraan triathlon di Qatar sangat siap menyambut kejuaraan RWC.  

"Saya tidak sabar untuk segera berkompetisi," tambah putra keduaHeri Kartono  yang juga mantan Ketua  Persatuan masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa).

Farhan turun pada nomor Junior Individual Time Trial yang dimulai pada 11 Oktober 2016. 

Menurut Pelatih tim nasional Qatar, Tareq Ismaili, meski pembalap Qatar belum berpengalaman sebaik pembalap dunia lainnya namun bertekad untuk melakukan yang terbaik sebagai tuan rumah. 

Heri Kartono mengharapkan Farhan dapat berpartisipasi pada kejuaraan Asian Games yang diadakan di Palembang pada 2018. 

"Pulang kampung sekaligus ikut kejuaraan Asian Games," ujar pengurus ormas Wong Kito  dan telah bermukim satu dekade di Qatar. 

Ditambahkannya bahwa Farhan yang telah menginjak kelas 13 merencanakan akan melanjutkan sekolah ke Australia tahun depan.  

Kejuaraan Road World Championships direncanakan melintasi jalan sepanjang 257,5 km menyusuri ibukota Qatar, Doha dan dilanjutkan ke luar kota menuju  Alkhor.  

Menurut Kuasa Usaha ad-interim KBRI Doha, Boy Dharmawan, Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi sangat mendukung keikutsertaan Farhan Farizi dalam Kejuaraan Dunia yang sangat prestise tersebut. 

"Keikutsertaan Farhan pada berbagai kejuaraan internasional dan kerap memenangi berbagai lomba mengharumkan nama Indonesia di Qatar," ujar mantan anggota DPR tersebut dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, di Jakarta, Senin (10/1).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement