Selasa 05 May 2015 09:51 WIB

Menpora Dijadwalkan Buka Tour De Ijen

Logo Tour de Ijen (banyuwangitourdeijen.com)
Foto: banyuwangitourdeijen.com
Logo Tour de Ijen (banyuwangitourdeijen.com)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI  -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dijadwalkan membuka "International Tour de Banyuwangi Ijen" (ITdBI) yang akan digelar Rabu (6/5) hingga Sabtu (9/5).

"Menpora akan menuju Banyuwangi melalui Denpasar sore ini dan langsung bergabung dengan ribuan orang dalam acara 'Cycling for All', lalu membuka secara resmi Tour de Banyuwangi Ijen," ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Banyuwangi Juang Pribadi di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (5/5).

"Cycling for All" akan diikuti oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, pebalap dari 25 negara, wisatawan, dan warga Banyuwangi, sebagai rangkaian pembuka acara sebelum balapan etape pertama resmi digelar pada Rabu (6/5).

Juang mengatakan "Cycling for All" sekaligus dijadikan ajang pengenalan pebalap ke wisatawan dan warga. "Cycling for All" merupakan konsep baru dalam penyelenggaraan Tour de Banyuwangi Ijen tahun ini.

ITdBI adalah ajang balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) dan diselenggarakan tiap tahun sejak 2012.

Tahun ini, ITdBI diikuti para pebalap dari 25 negara, yakni Prancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Cina, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Portugal, Taiwan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan.

ITdBI tahun ini menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 555 kilometer. Rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan dipuncaki dengan berpacu mendaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru alias "blue fire"-nya.

Tanjakan menuju Gunung Ijen di Banyuwangi dikenal sebagai salah satu yang terekstrem di Asia karena berada di ketinggian lebih dari 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl), melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement