Selasa 23 Oct 2012 07:45 WIB

Lance Armstrong Dilarang Seumur Hidup

Lance Amstrong
Foto: afp
Lance Amstrong

REPUBLIKA.CO.ID, Lance Armstrong resmi kehilangan tujuh gelar kemenangan yang diraihnya dalam Tour de France. Tidak hanya itu, ia juga dilarang seumur hidup ikut balap sepeda.

Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) menyatakan mendukung keputusan Badan Anti-Doping Amerika (USADA) untuk menghapus seluruh karir Armstrong setelah Agustus 1998.

Ketua UCI,  Pat McQuaid, menyebut skandal itu sebagai "krisis terbesar" yang pernah terjadi dalam dunia olah raga. Karena itu, ia mengatakan Armstrong layak "dilupakan dalam cabang olah raga balap sepeda".

"Kami tidak akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrasi untuk Olahraga dan kami akan mengakui sanksi yang diterapkan USADA," kata McQuad pada konferensi pers diJenewa, seperti dikutip ABC, Senin (22/10).

"UCI akan mencabut tujuh gelar yang dimenangkannya dalam Tour de France. "Lance Armstrong tidak mempunyai tempat dalam olahraga balap sepeda .... ia layak dilupakan dalam balap sepeda," tuturnya lagi.

Sebelumnya bulan ini, USADA merilis laporan mengenai Armstrong setebal 202 halaman - dan disertai kesaksian lebih dari 1,000 halaman - bagaimana ia memimpin program doping terbesar dalam sejarah olah raga.

Laporan tersebut, termasuk bukti dari 11 mantan rekan satu tim Armstrong, menjerumuskan cabang olahraga itu ke dalam krisis.

Direktur Tour de France berpendapat, Armstrong seharusnya mengembalikan uang hadiahnya, dan mengatakan, ini akan menjadi peringatan bagi para pembalap sepeda lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement