Sabtu 25 Aug 2012 13:07 WIB

Gelar akan Dicopot, Lance Armstrong Dilarang Membalap Seumur Hidup

Lance Amstrong (tengah) saat berkompetisi di balap sepeda Tour de France ke-96 pada 2009 lalu
Foto: Reuters
Lance Amstrong (tengah) saat berkompetisi di balap sepeda Tour de France ke-96 pada 2009 lalu

REPUBLIKA.CO.ID, COLORADO SPRING -- Atlet pebalap sepeda asal Amerika Serikat, Lance Armstrong, akan dicopot dari peraih gelar juara tujuh kali Tour de France dan dilarang berkompetisi seumur hidup. Ancaman sanksi itu disampaikan Kepala Badan Anti-Doping AS (Usada), Travis Tygrat pada Kamis (23/8).

Keputusan itu diambil setelah Armstrong mengumumkan membatalkan perlawanannya terhadap dakwaan Usada. Sebelumnya lembaga tersebut menyatakan Amstrong menggunakan obat pendongkrat performa demi memenangkan salah satu  kompetisi olahraga paling prestis dari 1995 hingga 2005.

Tygart berkata bila terbukti benar, maka seluruh gelar Armstrong mulai pada 1 Agustus 1998 akan dicoret sepenuhnya. Ia menyatakan langkah tersebut ialah 'hari menyedihkan' bagi dunia olahraga namun ia berharap cara ini bia menciptakan 'medan pertempuran adil' bagi atlet masa depan.

"Menyedihkan bagi kita semua yang mencintai olahraga dan atlet pahlawan kita," ujarnya. "Ini adalah contoh yang mengguncang hati, bagaimana budaya menang dengan cara apa pun, bila dibiarkan tidak dicek, akan mengambil alih kompetisi jujur, aman dan adil," imbuhnya,

"Namun bagi atlet bersih, peristiwa ini menjadi jaminan dan pengingat bahwa masih ada harapan untuk generasi masa depan untuk berkompetisi di level medan permainan tanpa menggunakan obat-obatan pendorong kinerja,". Tygard menyatakan Usada berencana menggelar jumpa pers pada Jumat (24/8) untuk memberi gambaran lebih detil terkait kasus tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement