Kamis 11 Jan 2018 05:36 WIB

Djokovic akan Kembali ke Australia Open

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Novak Djokovic
Novak Djokovic

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Novak Djokovic dipastikan bermain di Australia Open. Ia baru saja mengalahkan petenis nomor lima dunia Dominic Thiem 6-1, 6-4 di Kooyong Classic.

Djokovic sudah lama tak tampil di sebuah kompetisi sejak bulan Juli tahun lalu. "Ini awal yang bagus, rasanya sangat menyenangkan kembali ke lapangan," kata Djokovic, Rabu (10/1).

Djokovic juara enam kali Australia Open tersebut mengundurkan diri dari Qatar Open pada pekan lalu. Ia menderita cedera siku lengan kanan pada laga eksebisi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Petenis asal Serbia tersebut sempat absen selama enam bulan dari berbagai kompetisi karena cedera yang sama. Cedera yang dialami Djokovic membuatnya mengundurkan diri dari perempat final Wimbledon 2017 pada Juli tahun lalu. Kondisi ini juga membuat posisi petenis berusia 30 tahun itu turun ke peringkat 14 dunia.

"Saya tidak bisa berhenti tertawa di dalam dirinya saya. Ini sangat membahagiakan, saya mencintai olah raga ini, ini hasrat terbesar saya jadi saya sangat merindukannya," kata Djokovic.

Dengan hasil yang memuaskan di Kooyong Exhibition tampaknya Djokovic sudah pulih dari cederanya. Keberadaannya di Australia Open akan meningkatkan minat publik dan menarik banyak penonton. Karena sebelumnya Andy Murray dan Kei Nishikori sudah memutuskan mundur dari Australia Open karena cedera.

Djokovic mengatakan ia bahkan tidak terlalu gugup dalam pertandingan ini. Ia hanya ingin kembali ke lapangan dan bermain. Sayangnya, cedera lengannya tidak mengizinkan Djokovic bermain di Qatar Open. "Ini masa yang berat bagi saya, jelas cedera adalah musuh terbesar atlet," katanya.

Petenis berusia 30 tahun ini sudah menjuarai lima kali grand slam. Pertandingan menghadapi Thiem berjalan cukup ketat. Djokovic sempat kalah di set kedua dengan 4-5 tapi ia membalikkan keadaan pada set ketiga.

Djokovic sangat senang bisa kembali bermain karena sebelumnya ia bisa berusaha pulih dari cederanya. "Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali pulih secepatnya. "Australia Open salah satu kejuaraan besar, untuk yang satu ini saya ingin sudah siap. Ini awal yang bagus," katanya.

Selain Djokovic, Rafael Nadal juga dipastikan akan bermain di Australia Open. Berbeda dengan Djokovic, petenis asal Spanyol tersebut kalah dari Richard Gasquet di Kooyong Classic dengan skor 4-6, 5-7. Meski kalah di semua set berturut-turut Nadal mengatakan ia akan berusaha keras sampai akhirnya siap untuk Australia Open. "Saya sangat senang bisa kembali ke Australia, saya mengalami tahun yang berat pada 2017 dan saya memulai persiapan lebih lambat dari biasanya," kata Nadal.

Nadal memang memiliki tahun yang buruk pada tahun 2017. Cedera lutut membuatnya terpaksa melewatkan Brisbane International pada pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement