Jumat 15 Dec 2017 20:19 WIB

Kevin/Marcus Susul Tontowi/Liliyana ke Semifinal

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon.
Foto: dok PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menyusul langkah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melaju ke semifinal BWF Dubai World Super Series Finals 2017. Keberhasilan Kevin/Marcus berkat kemenangan atas Li Junhui/Liu Yuchen(Cina) dengan skor 19-21, 21-16, 21-18 di Hamdan Sports Center, Dubai, Jumat (15/12).

Kevin/Marcus lolos dengan status sebagai runner-up Grup A sekaligus membuat Indonesia menempatan dua wakilnya pada turnamen bergengsi tutup tahun ini. Kekalahan Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding (Denmark) dari Takeshi Kamura/Keigo Sonoda(Jepang) juga memudahkan langkah Kevin/Marcus menuju tempat di semifinal, karena secara perhitungan selisih poin, Kevin/Marcus lebih unggul dari pesaing-pesaingnya di Grup A.

"Pada laga tadi, kami bermain nothing to lose, karena kami sudah tahu tetap ada peluang ke semifinal. Jadi kami mencoba untuk menikmati pertandingan saja," ujar Kevin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/12).

Meskipun menjadi favorit di turnamen ini, namun langkahKevin/Marcus ke semifinal tidaklah mulus. Keduanya sempat kalah dua gim langsung dari Kamura/Sonoda dengan skor 17-21, 17-21. Penampilan mereka dipengaruhi oleh kondisi Marcus yang tak seratus persen fit. Marcus sempat menerima perawatan karena otot lehernya tertarik ketika menjalani sesi latihan hari pertama di Dubai.

"Kondisi saya memang tidak seratus persen, tentu saja rasanya berbeda di lapangan. Dari tekanan pukulannya beda. Mau mematikan bola nggak seperti biasanya, kan biasanya lebih cepat mematikan lawan, tetapi sekarang harus mengolah dulu, lebih lama dan perlu usaha lebih. Tetapi tidak apa-apa, saya tetap akan usaha terus," kata Marcus.

Kevin/Marcus hari ini tampil dengan jersey berwarna kuning yang menjadi ciri khas mereka. Keduanya sering memakai jersey kuning ini dilaga penentuan seperti laga final yang sering mereka menangkan. Dua dari tiga laga yang mereka menangkan di penyisihan ini pun secara kebetulan diraih saat mereka menggunakan jersey berwarna kuning.

Namun mereka menyangkal ketika ditanya apakah jersey kuning ini merupakan jersey pembawa keberuntungan bagi pasangan yang dijuluki Minions ini. "Memang kami sudah tidak punya jersey lagi, sudah habis, belum dicuci," kata Marcus sambil tertawa.

Kini, Kevin/Marcus masih menanti calon lawan di semifinal. Keduanya akan bertemu dengan juara Grup A atau Grup B, tergantung hasil undian yang akan berlangsung usai pertandingan terakhir hari ini. Kevin/Marcus bisa saja bertemu kembali dengan Kamura/Sonoda atau dengan juara grup B, Liu Cheng/Zhang Nan (Cina).

Berikut kedudukan klasemen ganda putra di laga penyisihan grup BWF Dubai World Super Series Finals 2017:

Grup A

1. TakeshiKamura/Keigo Sonoda (Jepang)

2. Kevin SanjayaSukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia)

3. Mads ConradPetersen/Mads Pieler Kolding (Denmark)

4. Li Junhui/Liu Yuchen (Cina)

Grup B

1. Liu Cheng/Zhang Nan (Cina)

2. MathiasBoe/Carsten Mogensen (Denmark)

3. Lee JheHuei/Lee Yang (Taiwan)

4. TakuroHoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement