Selasa 21 Nov 2017 17:25 WIB

8 Klub Siap Perebutkan Piala Liem Swie King & Susy Susanti

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Achmad Budiharto
Foto: badmintonindonesia.org
Achmad Budiharto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kejuaraan bulutangkis beregu untuk para pemain muda, Blibli.com Superliga Junior 2017 akan dihelat di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, 5-10 Desember 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi ini akan menggunakan format beregu putra dan beregu putri seperti halnya Piala Thomas dan Piala Uber.

Sistem ini akan mempertandingkan lima partai yang terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda. Pada kategori U-17, peserta akan memperebutkan piala Superliga Junior. 

Pada kategori U-19 akan memperebutkan piala bergilir yaitu Piala Liem Swie King dan Susy Susanti. Piala Liem Swie King untuk beregu putra dan Piala Susy Susanti untuk beregu putri.

Pemilihan nama Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti tak lepas dari kiprah dan peran mereka yang sangat berjasa mengharumkan nama Indonesia di pentas bulutangkis dunia. Di masa jayanya, Liem Swie King dan Susy Susanti kerap menjadi pahlawan dalam kompetisi beregu dunia. 

Delapan klub siap memperebutkan Liem Swie King dan Piala Susy Susanti. Pada kategori ini, terdapat delapan klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung serta tiga klub yang masing-masing berasal dari Tim Jepang, Tim Malaysia dan Tim Korea.

Untuk kategori U-17, klub-klub yang akan menerjunkan atlet muda nya ialah PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, PB SGS PLN Bandung, Fifa Badminton Club, PB Sarwendah Jakarta dan PB Candra Wijaya Tangerang.

Total terdapat 11 klub bulutangkis papan atas dari Indonesia, Jepang, Malaysia, hingga Korea yang akan menurunkan atlet terbaiknya untuk meraih juara di dua kategori pertandingan yakni U-17 dan U-19.

Direktur Superliga Achmad Budiharto berharap bergulirnya turnamen Blibli.com Superliga Junior 2017 meningkatkan jam terbang para atlet-atlet muda untuk bertanding dalam format beregu.

Pengalaman bertanding dalam format beregu sangat penting bagi para pemain muda. Dia berharap dengan Blibli.com Superliga Junior 2017 ini, para pemain muda kita semakin terbiasa berkompetisi di nomor beregu. 

“Ini akan menjadi modal mereka untuk mengikuti kejuaraan beregu di level yang lebih tinggi lagi nantinya, ujar Achmad Budiharto dalam jumpa pers yang digelar di Ayana Ballroom, Mid Plaza Hotel, Jakarta, Selasa (21/11).

Blibli.com Superliga Junior 2017 menjanjikan total hadiah sebesar Rp 265 juta. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 100 juta, Juara II Rp 50 juta, dan Juara III bersama Rp 25 juta. 

Di U-17 yang memperebutkan Piala Superliga Junior akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 50 juta, Juara II Rp 25 juta, dan Juara III bersama Rp 15 juta untuk masing-masing kategori.

Kejuaraan ini merupakan komitmen Blibli.com untuk memajukan prestasi bulutangkis Indonesia. Setelah sukses dalam pelaksanaan Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017, untuk kedua kalinya Blibli.com menjadi sponsor utama ajang Superliga Junior. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement