Rabu , 08 November 2017, 14:39 WIB

Alfian/Melati Lolos ke Babak Utama Macau Open

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Istimewa
Dua ganda campuran Indonesia, Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti (kanan) yang menjadi juara Vietnam Open Grand Prix 2017 dengan mengalahkan Riky Widianto/Masita Mahmudin.
Dua ganda campuran Indonesia, Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti (kanan) yang menjadi juara Vietnam Open Grand Prix 2017 dengan mengalahkan Riky Widianto/Masita Mahmudin.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pasangan ganda campuran Indonesia, Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti berhasil lolos ke babak utama Macau Open Grand Prix Gold 2017. Alfian/Melati melaju usai mengalahkan dua lawannya dari babak kualifikasi, Selasa (7/11) di Rua de Ferreira do Amaral, Macau.

Pada babak kualifikasi pertama, Alfian/Melati mengalahkan Ming Tse Yang/Sung Shuo Yun dari Taiwan dengan skor 21-18 dan 21-16. Di babak kualifikasi kedua, Alfian/Melati mengalahkan pasangan Jepang, Keiichiro Matsui/Nami Matsuyama dengan 21-17 dan 21-18.

"Hari ini alhamdulillah nggak ada kendala di lapangan. Sebelumnya kan sudah dua kali latihan di main hall, jadi sudah tahu kondisi lapangan dan shuttlecocknya," kata Melati dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/11).

Lolos ke babak utama, Alfian/Melati akan berhadapan dengan Yuan Chen Wu/Yang Ching Tun dari Taiwan. Laga ini akan menjadi pertemuan pertama bagi dua pasangan tersebut. "Yang harus diwaspadai dari Taiwan adalah serangannya. Mereka bagus di situ," ujar Alfian mengenai lawan berikutnya tersebut.

Macau Open Grand Prix Gold 2017 merupakan turnamen kedua bagi Alfian/Melati. Mereka sebelumnya berpasangan di Vietnam Open 2017 dan sukses merebut podium utama. "Walaupun baru berpasangan di dua turnamen, kami nggak terlalu ada kesulitan di lapangan. Karena sudah sering berpasangan juga saat latihan," ungkap Melati.

Selain Alfian/Melati, ganda campuran Indonesia yang juga aman di babak utama ialah Yanthoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami dan Rusyidina Antardayu Riodingin yang berpasangan dengan Mohamad Arif Abdul Latif dari Malaysia.

Yanthoni/Gischa akan bertemu Chan Peng Soon/Cheah Yee See dari Malaysia, sedangkan Arif/Rusyidina akan menghadapi pasangan Hong Kong, Hee Chun Mak/Yeung Nga Ting. Macau Open Grand Prix Gold 2017 berlangsung pada 7 hingga 12 November 2017. Turnamen ini akan memperebutkan total hadiah sebesar 120 ribu dolar AS.