Ahad , 05 November 2017, 06:24 WIB

Fajar/Rian Sukses Melaju Ke Final Bitburger 2017

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani
Humas PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/M Rian Ardianto
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/M Rian Ardianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia sukses mengirimkan satu wakilnya ke babak final Bitburger Terbuka 2017 melalui pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Sabtu (4/11) malam. Fajar/Rian memastikan hal tersebut usai mengentikan pasangan Denmark, Mathias Christiansen/David Daugaard.

Dalam waktu 63 menit, Fajar/Rian membukukan kemenangan dengan skor 15-21, 21-16 dan 22-20. "Alhamdulillah bisa masuk final, semoga bisa juara. Lawan main hari ini sangat bagus. Power-nya kuat," ujar Fajar mengenai laganya yang berlangsung di Saarlandhalle Saarbrucken, Jerman tersebut.

Gim pertama dimulai, Fajar/Rian mengaku kalah start dari Christiansen/Daugaard. Mereka terus tertinggal dari awal dengan 0-4 hingga gim pertama berakhir dengan 15-21.

Kami tadi kalah start, karena mereka langsung servis tinggi. Terus beberapa kali kami belum antisipasi, jadi mereka langsung in, kata Rian dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (5/11) dini hari WIB.

Masuk ke gim dua, Fajar/Rian mencoba membalas kekalahannya tersebut. Mereka terus melaju dan terus membuat jarak dari lawan dengan 6-4, 16-9 hingga menang 21-16.

"Pada gim pertama kami kalah start, mainnya selalu panik. Di gim kedua kami lebih enjoy. Kami nggak mikirin kekalahan di gim pertama. Kuncinya sih yakin saja," ungkap Fajar.

Pada gim penentu, Fajar/Rian akhirnya berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Meski tak jarang Christiansen/Daugaard mencoba mendekat dan menyamakan kedudukan. Setelah unggul 17-12, Fajar/Rian bahkan sempat tersusul menjadi 19-19 dan 20-20. Beruntung pada dua poin terakhir, mereka bisa merebutnya dari lawan.

"Kami terlalu terburu-buru ingin cepat selesai. Makanya malah jadi boomerang sendiri buat kami," kata Fajar.

Di babak final, Fajar/Rian kembali bertemu pasangan asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Unggulan kedua ini di semi final menang pasangan Thailand unggulan tiga, Bodin Isara/Nipitphon Phuangphuapet 21-19, 21-10.

"Main di sini sudah harus siap capek karena bolanya berat. Sama jaga fokusnya saja. Tinggal selangkah lagi harus bisa dimaksimalkan," tutur Rian.

Sayang kemenangan Fajar/Rian tak berhasil diperoleh pasangan ganda campuran, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. Hafiz/Gloria harus puas terhenti sebagai semifinalis usai kalah dari He Jiting/Du Yue, Tiongkok. Hafiz/Gloria kalah dua gim langsung dengan skor 18-21 dan 15-21.