Kamis , 19 October 2017, 13:50 WIB

Ganda Campuran Tumbangkan Unggulan Pertama di WJC

Red: Ratna Puspita
Humas PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tampil cemerlang untuk menumbangkan unggulan pertama asal Korea Kim Won Ho/Lee Yu Rim di babak 16 besar BWF World Junior Championships.

Pada laga yang digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta, Kamis (19/10), pasangan ganda campuran Indonesia yang diunggulkan di tempat ke-11 tersebut memenangkan pertandingan yang berlangsung ketat dalam dua gim langsung 21-17, 21-17.

"Persiapan untuk pertandingan hari ini memang cukup banyak. Kami menonton video untuk mengetahui pola permainan lawan. Kami banyak menyerang pemain putri dan sisi kiri lawan," ungkap Pitha.

Meskipun berhasil menumbangkan unggulan teratas, Rinov/Pitha belum mau sesumbar memastikan mampu melangkah ke final dan meraih gelar juara. "Satu per satu dulu. Fokus ke pertandingan berikutnya dengan menyiapkan mental dan fisik. Paling tidak, kami bisa sampai semifinal," ucap Rinov.

Pada babak perempat final, pasangan tersebut akan menghadapi unggulan Thailand Natthapat Trinkajee/Kwanchanok Sudjaipraparat yang harus berjuang tiga gim mengalahkan pasangan Malaysia Chang Yee Jun/Tan Pearly Koong Le 21-19, 26-28, 21-19.

Selain Rinov/Pitha, Indonesia juga meloloskan dua pasangan ganda campuran ke babak perempat final, yaitu Yeremia Erich Yoche Yacob/Angelica Wiratama yang mengalahkan pasangan Swiss Julien Scheiwiller/Jenjira Stadelman dalam dua gim langsung 21-9, 21-16.

Pasangan Indonesia yang diunggulkan di tempat keempat tersebut akan berhadapan dengan pemain Tiongkok Liu Shiwen/Li Wenmei yang menang 21-19, 21-15 atas pasangan Korea Wang Chan/Kim Min Ji.

Ganda campuran Indonesia unggulan ketiga Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga menyusul kesuksesan rekan-rekannya menembus perempat final dengan mengalahkan ganda Taiwan Lu Chen/Lin Jhih Yun dalam dua gim 21-16, 23-21.

"Pada gim kedua, banyak terjadi reli panjang. Kami juga terburu-buru mau menyelesaikan pertandingan sehingga skor justru ketat," ujar Siti.

Pada pertandingan berikutnya, pasangan tersebut akan bertemu ganda campuran Malaysia Ng Eng Cheong/Toh Ee Wei yang menang 21-17, 21-18 atas ganda Thailand Ruttanapak Oupthong/Chasinee Korepap.

"Pola permainan Indonesia dan Malaysia hampir sama. Yang penting kami bisa fokus dengan pola permainan kami di pertandingan besok. Kami sudah bertemu dua kali. Sekali kalah dan sekali menang," kata Rehan.

Di sektor tunggal putri, pemain Indonesia Aurum Oktavia Winata menjadi pemain pertama yang melangkah ke perempatfinal setelah mengatasi permain Vietnam Vu Thi Anh Thu 21-13, 21-9.

Sumber : Antara