Rabu , 04 October 2017, 17:02 WIB
Kejuaraan Bulu Tangkis Antar Media 2017

Dramatis, Tim Republika Lolos ke Babak Semifinal

Rep: Fitriyanto/ Red: Bilal Ramadhan
Dok. Pribadi
Tim Bulu Tangkis Republika
Tim Bulu Tangkis Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Bulutangkis Republika berhasil lolos ke babak semifinal Turnamen Bulutangkis Antar Media 2017. Setelah di babak 8 besar yang digelar Rabu (4/10) di GOR Bendungan Hilir Tanah Abang Jakarta Pusat menyingkirkan ANTV dengan skor 2-1. Di babak semifinal Republika akan menghadapi Inews TV, Kamis (5/10) ini.

Meski sebagai pendatang baru dan berstatus tim non-unggulan, tim Republika ternyata mampu menembus babak semifinal. Undian grup yang cukup menguntungkan serta tidak hadirnya tim kuat Trans TV dan Pikiran Rakyat di pool atas memang membuat jalan bagi tim lainnya memiliki peluang yang sama.

Sebelum menang dari ANTV di babak 8 besar Republika, kembali diuntungkan dengan menang walk out dari CNN Indonesia. Kejuaraan Antar Media 2017 menggunakan formasi dua ganda dan satu tinggal. 

Saat menghadapi ANTV, sebenarnya tim Republika sempat dirugikan. Karena partai pertama yang dimainkan partai tunggal. Karena pemain tunggal yang dipersiapkan Republika, Fitriyanto tidak bisa bermain karena ada tugas jurnalistik lainnya. Sehingga Republika dinyatakan tertinggal 0-1.

Tertinggal 0-1, membuat dua ganda Republika harus mencuri kemenangan jika ingin lolos ke babak kedua. Ganda pertama Kusnan Wartoyo/Suryana sempat kalah di gim pertama. Namun bisa membalasnya di gim kedua dan ketiga serta meraih kemenangan dengan 15-21, 21-16 dan 21-18 melawan pasangan ganda pertama ANTV, Gito/Andri. Kedudukan imbang menjadi 1-1.

Partai ketiga yang menjadi partai penentuan berlangsung lebih ketat. Pasangan ganda kedua Republika Muhammad Muzakki/Almaludin Sudrajat melawan ganda kedua ANTV, Noofaiton/Andri. Gim pertama berjalan sangat ketat. Muzakki/Almaludin kalah di gim pertama dengan 19-21.

Di gim kedua, Muzakki/Almaludin belum bisa keluar dari tekanan. Namun perolehan angka masih terus menempel ketat pasangan ANTV yang meraih match point terlebih dulu dengan 19-20 sekaligus akan memastikan kemenangan untuk ANTV. Dengan ketenangan, Muzakki/Almaludin mampu memaksakan deuce 20-20 dan bahkan mencuri dua angka selanjutnya dengan meraih kemenangan di gim kedua dengan 22-20.

Perolehan angka di gim ketiga masih terlihat ketat. Namun Muzakki/Almaluddin berupaya tetap bermain tenang dan terus menyerang daerah pertahanan lawan. Akhirnya Muzakki/Almaludin memenangkan pertandingan dengan 21-18. Sekaligus memastikan tempat ke semifinal yang akan menghadapi tim Inews TV yang menang 2-0 dari Trans Vision di perempat final.

"Sungguh tidak menyangka tim Republika bisa lolos ke semifinal. Karna lawan juga mainnya bagus banget. Kunci kemenangan tadi memang strateginya kita mencuri kemenangan di dua ganda. Semoga besok di semifinal juga dapat hasil terbaik. Amin," kata Manajer Tim Republika, Bilal Ramadhan.

Partai semifinal lainnya, NET TV akan menghadapi TVRI. Di babak perempat final NET TV mengalahkan Berita Satu dengan 2-0 dan TVRI Pusat mengalahkan Jurnal Bulutangkis dengan skor 3-0.

Berita Terkait