Rabu , 04 October 2017, 05:35 WIB

PBSI Jadikan Indonesia Masters 2018 ‘Latihan’ Asian Games

Red: Ratna Puspita
Humas PBSI
Daihatsu menjadi sponsor kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2018
Daihatsu menjadi sponsor kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menjadikan turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2018 sebagai latihan skuat Indonesia menjelang Asian Games 2018.

"Kami akan menjadikan Indonesia Masters 2018 sebagai ajang uji coba menghadapi pertandingan bergengsi di Asian Games 2018," kata Ketua Umum PP PBSI Wiranto saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Daihatsu sebagai sponsor utama Indonesia Masters 2018 di Jakarta, Selasa (3/10).

Sebab, lanjut dia, Indonesia Masters 2018 yang akan berlangsung pada 23-28 Januari 2018 di Istora Senayan, merupakan ajang pemanasan yang sangat sesuai untuk menguji kemampuan atlet Indonesia. Selain venue yang digunakan sama, jarak turnamen Asian Games juga tidak terlalu jauh yaitu pada Agustus 2018.

Selain itu, turnamen Indonesia Masters yang pada 2018 ‘naik kasta’ menjadi level Super Series juga dipastikan akan menjadi ajang try out murah meriah bagi para punggawa tim nasional. Sebab, turnamen itu akan diikuti pemain-pemain kelas dunia dengan level yang disandangnya tersebut.

"Kami sangat beryukur masih ada pihak yang peduli pada perkembangan dunia bulu tangkis tanah air seperti Daihatsu. Karenanya saya berharap kerjasama ini berlangsung sukses dan bisa berlanjut terus tidak hanya sampai tahun 2018," ujar dia.

Pemain ganda campuran, Liliyana Natsir, salah satu penggawa Indonesia yang menyatakan akan mengikuti Indonesia Masters 2018, mengatakan akan menjalani ajang tersebut dengan sungguh-sungguh. Terlebih dia memiliki target pribadi untuk berprestasi di Istora Senayan yang kerap memberinya tuah ‘sulit juara’.

"Saya pasti ikut dan berjuang apalagi kita tuan rumah dan di Istora juga pasti ingin juara. Akan tetapi kami juga ingin banyak pemain Indonesia banyak yang ikut Indonesia Masters untuk pemanasan Asian Games 2018 nanti yang juga menggunakan venue yang sama," ujar Liliyana di lokasi yang sama.

Indonesia Masters yang pada 2018 ini disponsori utama oleh Daihatsu Motor Corp. bergeser levelnya menjadi Super series setelah sebelumnya ada di tingkat Grand Prix Gold. Dengan berubah level menjadi Super Series, yang kini berada di level empat turnamen, Indonesia Masters 2018 diperkirakan akan menawarkan hadiah total sekitar 350 ribu hingga 700 ribu dolar AS.

Sumber : Antara