Rabu , 04 Oktober 2017, 03:52 WIB

Daihatsu Indonesia Maters Digelar Januari 2018

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Humas PBSI
Daihatsu menjadi sponsor kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2018
Daihatsu menjadi sponsor kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Produsen asal Jepang, Daihatsu Moyor Corp, secara resmi menjadi sponsor utama kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2018. Rencananya, turnamen ini dihelat di Istora Senayan pada 23 hingga 28 Januari 2018. 

“Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Daihatsu akan menjadi sponsor utama turnamen Indonesia Masters 2018,” kata Executive Officer Daihatsu Motor Co, Ltd, Osamu Naruse, seperti dikutip dari keterangan resmi PBSI, Selasa (3/10). 

Dia mengatakan turnamen ini akan dihadiri pemain-pemain top dunia, dan akan menjadi turnamen yang bergengsi di Indonesia. Menjadi sebuah kebanggan bagi kami untuk mendukung terselenggaranya turnamen ini,” kata dia. 

Daihatsu Indonesia Masters 2018 menjadi rangkaian terbaru dari kategori turnamen BWF yang dimulai pada 2018. Pergeseran level turnamen menjadikan Daihatsu Indonesia Masters 2018 berada di level dua grade empat atau setara dengan level Super Series.

Selain itu, Indonesia juga dipercaya menggelar Indonesia Open yang berada di level dua grade dua atau satu tingkat di atas Super Series Premier dan turnamen grade dua level enam atau setingkat Grand Prix.

Hal ini dipastikan usai penandatanganan nota kesepahaman antara Daihatsu dan PP PBSI (Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (3/10) siang. Acara penandatanganan MoU dihadiri oleh ketua umum PP PBSI, Wiranto dan (Tim Daihatsu) serta pebulutangkis seperti Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir dan Jonatan Christie. 

Direktur PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan Daihatsu bukan hanya ingin berbisnis mencari untung, tetapi ingin kehadiran bisa memberi kontribusi positif dalam bidang olahraga. “Kenapa kami pilih badminton? survey menunjukkan, badminton adalah olahraga terpopuler kedua di Indonesia,” kata dia. 

Awalnya. Amelia mendukung sepak bola yang ada di urutan pertama. “Tetapi seiring berjalannya waktu, kami memutuskan untuk berganti hati dan bekerjasama dengan PBSI, mensupport pembinaan bulutangkis,” kata dia. 

Dalam acara ini. turut hadir Wakil Ketua Umum I/Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti serta Alan Budikusuma.

“Kami di Daihatsu bukan hanya ingin berbisnis mencari untung, tetapi kami ingin kehadiran kami bisa memberi kontribusi positif dalam bidang olahraga. Kenapa kami pilih badminton? survey menunjukkan, badminton adalah olahraga terpopuler kedua di Indonesia,” ujar dia. 

Daihatsu Motor Corp bergeser levelnya menjadi Super series setelah sebelumnya ada di tingkat Grand Prix Gold. Dengan berubah level menjadi Super Series, yang kini berada di level empat turnamen, Indonesia Masters 2018 diperkirakan akan menawarkan hadiah total sekitar 350 ribu hingga 700 ribu dolar AS

Dukungan yang diberikan Daihatsu merupakan bentuk komitmen perusahaan asal Jepang ini berkontribusi dalam pengembangan bulutangkis di Indonesia serta ingin memperdalam interaksi dengan pelanggan dan masyarakat lokal melalui olahraga tersebut.

Di luar negeri, terutama Asia (Tiongkok, Indonesia, Malaysia, dst), bulutangkis sangatlah populer sebagai olahraga yang dekat dengan kehidupan masyarakat dan dikenal secara umum. Di Indonesia bulutangkis dikenal sebagai olahraga nasional. 

Ketua Umum PP PBSI Wirantomengapresiasi dukungan yang diberikan Daihatsu lewat sponsorship turnamen kelas dunia tersebut. “Terima kasih kepada Daihatsu yang bergabung sebagai sponsor utama di Indonesia Masters 2018, semoga kemitraan ini terus berjalan hingga tahun-tahun mendatang,” kata dia. 

Dia  berharap agar turnamen ini nantinya berjalan dengan lancar. Dia berharap atlet Indonesia yang turun berlaga mampu memberikan prestasi yang membanggakan. 

“Daihatsu Indonesia Masters 2018 ini menjadi ajang uji coba, apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi pertandingan penting dan bergengsi yaitu Asian Games 2018,” kata Wiranto.

Berita Terkait