Sabtu , 23 September 2017, 15:05 WIB

Marcus/Kevin Menangi Duel Panas Lawan Boe/Mogensen

Red: Bilal Ramadhan
Humas PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pasangan ganda putra Indonesia unggulan tiga, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memenangi duel panas melawan musuh bebuyutan mereka, yaitu pasangan Denmark unggulan dua, Mathias Boe/Carsten Mogensen di babak semifinal turnamen Jepang Open Super Series 2017, Sabtu (23/9). Dengan kemenangan ini, Marcus/Kevin membalas kekalahan mereka di final Korea Open Super Series 2017 pekan lalu.

Marcus/Kevin mengawali gim pertama dengan penuh percaya diri. Mereka melancarkan serangan-serangan tajam dengan pertahanan yang rapat. Sejak kedudukan 3-3 dan 8-8, Marcus/Kevin unggul 11-8 di paruh gim. Strategi untuk melancarkan serangan dengan bola-bola datar ini sukses mematikan permainan Boe/Mogensen. Perolehan angka Marcus/Kevin tak terkejar dan merebut gim pertama dengan 21-15.

Di awal gim kedua, Boe/Mogensen sempat unggul dengan 2-4 dan 5-7. Marcus/Kevin mampu menyamakan kedudukan dengan 7-7 dan 8-8 dan bahkan berbalik unggul dengan 11-9. Agresifitas Marcus/Kevin terus diperlihatkan dengan serangan bola-bola datar dan adu drive yang disertai kokohnya pertahanan mereka.

Boe/Mogensen malah beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Marcus/Kevin unggul dari 15-12, 16-14 dan mereka berhasil mencuri lima angka beruntun tanpa memberikan kesempatan kepada Boe/Mogensen dan memenangkan pertandingan dengan 21-14.

Dengan kemenangan ini, Marcus/Kevin memperkecil ketinggalan mereka dalam rekor pertemuan melawan Boe/Mogensen yaitu 2-4. Marcus/Kevin mengalami kekalahan dalam tiga kali pertemuan terakhir. Marcus/Kevin kalah di babak final Korea Open Super Series 2017 dalam pertemuan terakhir melawan Boe/Mogensen.

Marcus/Kevin menjadi wakil satu-satunya Indonesia di babak final Jepang Open Super Series 2017. Di babak final, Marcus/Kevin akan melawan pasangan tuan rumah, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Rekor pertemuan menguntungkan Marcus/Kevin yang memenangi dua laga sebelumnya melawan pasangan ini.

Wakil Indonesia lainnya di semifinal yaitu pasangan ganda campuran unggulan empat, Praveen Jordan/Debby Susanto dikalahkan pasangan Cina, Wang Yilyu/Huang Dongping, 14-21 dan 19-21. Padahal di babak final Korea Open Super Series 2017 pekan lalu, Praveen/Debby berhasil mengalahkan pasangan ini.