Jumat , 15 September 2017, 16:08 WIB

Berpeluang Terjadi All Indonesian Final di Tunggal Putra

Red: Bilal Ramadhan
Antara/Wahyu Putro A
Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie
Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Indonesia terus menambah wakilnya untuk lolos ke babak semifinal turnamen Korea Open Super Series 2017. Jonatan Christie menyusul rekannya, Anthony Sinisuka Ginting ke babak semifinal sehingga berpeluang terjadinya All Indonesian Final di sektor tunggal putra, Jumat (15/9).

Melawan pemain Jepang, Kazumasa Sakai, Jonatan langsung melancarkan serangan sejak awal gim pertama. Jonatan unggul dengan 8-0 dan 11-4 di paruh gim. Jonatan terlihat dengan mudah menembus pertahanan Kazumasa. Perolehan angka Jonatan tak terkejar dan mencuri gim pertama dengan 21-13.

Pertandingan berjalan ketat di awal gim kedua. Usai kedudukan imbang 4-4, Kazumasa selalu mendahului serangan dan berhasil menembus daerah pertahanan Jonatan. Kazumasa unggul dari 4-11 di paruh gim hingga memaksakan rubber game dengan merebut gim kedua dengan 16-21.

Di gim ketiga yang menentukan, lagi-lagi Jonatan kembali unggul dengan 8-0 dan 11-3. Kazumasa rupanya belum menyerah. Perlahan-lahan dia merebut angka satu per satu dan mampu menempel ketat perolehan angka Jonatan dengan 17-16 dan 19-18. Untungnya Jonatan mampu memenangkan pertandingan dengan 21-19.

Dengan kemenangan ini, maka dua pemain Indonesia mengisi dua slot yang berbeda di babak semifinal. Jonatan Christie akan melawan unggulan tujuh dari Cina Taipei, Wang Tzu Wei. Sedangkan Anthony akan melawan unggulan pertama dari Korea Selatan, Son Wan Ho. Jika memenangkan pertandingan di semifinal, maka dua pemain Indonesia akan bertemu di babak final untuk merebut gelar juara.

Selain dua tunggal putra, Indonesia juga mengirimkan satu wakilnya di ganda putra ke semifinal melalui unggulan dua Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sedangkan pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriani Rahayu harus terhenti langkahnya di perempat final. Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto belum bertanding.