Senin 24 Jul 2017 19:32 WIB

Tim Junior Indonesia Sukses Tembus Final

Pemain tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska
Foto: Humas PBSI
Pemain tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim junior Indonesia mendulang sukses di pertandingan beregu Asia Junior Championships 2017, dengan menembus babak final. Indonesia lolos ke final usai mengalahkan Malaysia 3-1.

Hasil ini sekaligus melampaui target awal Indonesia yang mematok babak semifinal sebagai capaian maksimalnya. Indonesia juga berhasil mencetak sejarah karena untuk pertama kalinya bisa masuk ke babak final.

Sejak tahun 2006 format pertandingan beregu Asia Junior Championships menggunakan format Piala Sudirman. Indonesia tercatat belum pernah menembus babak final di pertandingan beregu campuran ini.

Namun, pada pertandingan beregu Asia Junior Championships yang berlangsung sejak tahun 1997 hingga 2005, dengan format Piala Thomas dan Uber, tim putra Indonesia pernah menjadi juara pada tahun 1999 dan 2002.

Adalah pasangan ganda putra, Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang menjadi penentu kemenangan tim Indonesia ke babak final hari ini (24/7). Adnan/Fikri mengalahkan Yee Jun Chang/Wei Chong Man, dengan skor 21-17 dan 21-15.

“Yang pasti bangga bisa menjadi penentu Indonesia ke babak final. Bawa nama Indonesia untuk pertama kalinya dan bisa menyumbangkan poin,” kata Adnan dalam rilis PBSI kepada Republika.co.id, Senin (24/7).

“Permainan mereka enggak beda jauh dengan yang kami perkirakan sebelumnya. Ada stop-stopannya dan main adu depannya. Tapi kami sudah bisa mendahului lawan,” ujar Fikri mengomentari lawan.

Adnan/Fikri mengaku cukup puas dengan penampilannya hari ini. Mereka pun mengatakan bahwa laga melawan Malaysia kali ini menjadi penampilan terbaik mereka selama di pertandingan beregu ini.

“Kami puas dengan penampilan hari ini. Ini merupakan penampilan terbaik kami dan kami bisa all out. Semoga nanti di final bisa terus mempertahankan penampilan seperti ini,” ucap Adnan. Lolos ke babak final, Indonesia kini masih menunggu lawan antara Jepang dengan Korea.

Berikut hasil lengkap pertandingan babak semifinal Indonesia melawan Malaysia (3-1):

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung vs Goh Jin Wei, 21-11, 17-16 retired

Tunggal Putra: Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu vs Jun Hao Leong, 17-21, 12-21

Ganda Putri: Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Goh Jin Wei/Pearly Koong Le Tan, (walkover)

Ganda Putra: Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Yee Jun Chang/Wei Chong Man, 21-17, 21-15

Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Eng Cheong Ng/Ee Wei Toh, (tidak dimainkan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement