Kamis 22 Jun 2017 17:54 WIB

Praven/Debby Melaju ke Perempat Final Australia Terbuka

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andri Saubani
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto
Foto: Humas PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Indonesia hanya menyisakan satu wakilnya untuk berjuang ke babak perempat final Australia Terbuka 2017. Dari Pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) hanya sektor ganda campuran yang bisa lolos ke babak perempat final Australia Terbuka 2017, yaitu Praveen Jordan/Debby Susanto.

Dua tunggal putra yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie gagal pada babak kedua. Anthony kalah dari Chen Long dengan skor 10-21 dan 13-21. Sementara Jonatan kalah dari wakil Cina juga, Lin Dan dengan skor 14-21 dan 19-21.

Pada akhirnya Praveen/Debby saja yang menjaga asa skuat Indonesia di ajang Australia Terbuka 2017. Keduanya berhasil melaju ke babak delapan besar setelah menyingkirkan wakil Singapura, Yong Kai Terry Hee/Tan Wei Han dengan skor 21-6 dan 21-12.

Bermain dengan pola yang benar dan jarang membuat kesalahan sendiri adalah kunci bagi Praveen/Debby untuk menang relatih mudah di laga babak kedua ini. Pada pertemuan terakhir di Swiss Terbuka 2017, Praveen/Debby juga menang atas Yong/Tan dengan skor tipis 21-19, 24-22.

“Tadi kami cuma main lebih bersih, artinya jarang membuat kesalahan-kesalahan yang tidak perlu," kata Debby dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Kamis (2/6). Dia mengatakan, saat itu bersama Praveen hanya berusaha lebih dulu menekan lawan sehingga rival tidak dapat mengembangkan permainan.

Sementara itu, Praveen merasa harus aa yang bisa dicapai setelah masuk ke babak perempat final. Praveen berharap dapat mempertahankan penampilannya yang konsisten di pertandingan-pertandingan selanjutnya. “Saya mau menjaga penampilan saya. Kalau tadi sih polanya sudah masuk, tinggal dijaga saja," ujar Praveen.

Di sisi lain, Jonatan menyangkan kekalahan dari Lin Dan. Padahal dirinya sudah mempelajari pertandingan Lin Dan pada babak sebelumnya saat melawan wakil Korea Selatan, Lee Dong Keun. Hanya saja ia mengakui permainan Lin Dan ternyata berbeda saat bertemu Jonatan, sehingga dia perlu beradaptasi dengan pola yang diterapkan lawannya itu pada gim pertama.

Selain Praveen/Debby, pasangan campuran Indonesia dan Malaysia, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong juga sukses melaju perempat final. Hendra/Tan berhasil ke perempat final setelah menang atas wakil Taiwan, Lee Yang/Lee Jhe-Huei dengan skor 21-17, 21-11.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement