Ahad 14 May 2017 18:15 WIB

Fotografi Jadi Tempat Pelarian Diri Greysia Polii

Pemain spesialis ganda putri, Greysia Polii.
Foto: PBSI
Pemain spesialis ganda putri, Greysia Polii.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fotografi seakan menjadi tempat pelarian diri atlet ganda putri Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Greysia Polii dari kejenuhan berlatih dan mengikuti berbagai kompetisi dunia.

"Saya menggemari fotografi sejak kecil karena mengikuti kakak yang juga hobi fotografi dan musik. Tapi, saya juga masih sering bertanya kepada teman-teman fotografer untuk mencari foto yang bagus," kata atlet asal klub Jaya Raya Jakarta itu selepas mengikuti simulasi pertandingan Piala Sudirman di pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (13/5).

Greysia menuangkan karya dari hobi fotografinya dalam akun instagram @greyspolii yang berisi foto-foto di sela-sela perjalanan mengikuti kejuaraan-kejuaraan bulu tangkis dunia. "Saya menyukai 'urban style photography' dengan gaya pengambilan 'candid' dan bukan gaya foto-foto studio," kata atlet berusia 29 tahun itu.

Greysia mengaku kamera yang dipakainya untuk menekuni hobi fotografi bukan kamera profesional dengan perlengkapan lensanya. "Saya pakai kamera 'mirrorless', kadang kala saya juga pakai ponsel untuk mengambil foto," katanya.

Meskipun telah mulai menggunakan media jejaring sosial instagram sejak 2011, Greysia mengaku masih belajar teknik-teknik fotografi seperti komposisi gambar dan pencahayaan.

"Mungkin saya akan mulai serius ke fotografi jika sudah pensiun dari atlet. Saat ini memang banyak tawaran sponsor untuk akun instagram saya. Tapi, saya membatasi sponsor karena akun itu memang mewakili diri saya dan bukan untuk jualan," katanya.

Bagi Greysia, fotografi bukan hanya sekedar mengabadikan objek foto, melainkan juga merekam cerita tentang kejadian. "Ketika saya melihat seseorang atau binatang, ada sebuah aktivitas di situ dan itu yang membuat foto lebih hidup. Foto-foto tentang kemenangan ataupun kekalahan dalam pertandingan juga punya nilai tersendiri," kata atlet peraih medali emas Asian Games 2014 bersama Nitya Krishinda Maheswari itu.

Walau tampak sibuk dengan persiapan berbagai kejuaraan bulu tangkis dunia, Greysia masih menyimpan obsesi untuk melanjutkan hobi fotografinya bersama dengan hobi bepergian ke seluruh pelosok Indonesia.

"Selama ini saya mengambil foto-foto hanya sekedar selingan ketika melewati lokasi tertentu saat mengikuti turnamen. Saya ingin mengelilingi Indonesia jika punya waktu lebih," ujar Greysia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement