Ahad , 19 March 2017, 01:43 WIB

Langkah Anthony Ginting di Swiss Terbuka Dijegal Lin Dan

Red: Andri Saubani
PBSI
Pemain muda tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting
Pemain muda tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Langkah pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di turnamen Swiss Terbuka harus terhenti setelah dijegal oleh wakil Cina, Lin Dan pada partai semifinal, Sabtu (18/3) waktu setempat.  Dalam pertandingan semifinal yang dilangsungkan di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, yang dipantau dari Tournamentsoftware, Anthony Ginting harus menyerah dari mantan pebulu tangkis nomor satu dunia itu dalam dua gim berdurasi 47 menit dengan skor 17-21 dan 17-21.

Sejak awal laga, pemain senior Cina tersebut terus memimpin perolehan angka. Lin Dan bahkan bisa meninggalkan Anthony dengan skor 7-2. Namun, wakil Indonesia berperingkat 30 dunia tersebut mampu mengejar untuk menjadikan kedudukan 8-5.

Jelang waktu interval, Lin Dan berhasil mendulang kembali meraih angka dan meninggalkan Anthony hingga akhirnya pemain Cina berperingkat tujuh dunia tersebut menutup interval gim pertama dengan 11-6. Selepas jeda interval, Anthony mencoba memperkecil kedudukan bahkan bisa menjadikan selisih poin hanya dua angka 16-14. Akan tetapi, usaha Anthony belum cukup untuk menyalip atau menyeimbangkan angka, hingga akhirnya Lin Dan berhasil menjauhkan kembali dan memenangi gim pertama.

Unggul di gim pertama, Lin Dan tidak mau kehilangan momentum dengan langsung tancap gas dan unggul 4-0 atas Anthony pada awal gim. Akan tetapi, dalam tempo beberapa menit, Fitriani berhasil mendekat, bahkan menyeimbangkan kedudukan 7-7.

Selanjutnya, perolehan angka kedua pemain berlangsung ketat dan saling susul-menyusul terjadi hingga skor pada waktu interval menunjukan 11-10 masih untuk Lin Dan. Selepas jeda interval, perolehan angka kedua pebulu tangkis sangat ketat dengan beberapa kali terjadi skor imbang 11-11, 12-12, 14-14 dan 15-15.

Ketika skor berada di angka 15-15 tersebut, sepertinya Lin Dan menemukan kembali kembali gaya permainannya hingga bisa mendapat empat angka beruntun menjadikan kedudukan 19-15. Sedangkan, Anthony sepertinya dijauhi dewi fortuna dengan hanya mampu menambah dua poin sebelum Lin Dan berhasil memastikan dirinya melangkah ke partai final dengan memenangkan gim kedua itu.

Sumber : Antara