Ahad 27 Nov 2016 16:14 WIB

Tontowi/Liliyana Berjaya di Hong Kong Open

Rep: Febrian Fachri/ Red: Damanhuri Zuhri
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Foto: PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Wakil Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang turun di nomor ganda campuran Hong Kong Open 2016 berhasil keluar sebagai juara.

Di partai final, Tontowi/Liliyana atau akrab disapa pasangan Owi/Butet mengalahkan sesama wakil Indonesia Praveen Jordan dan Debby Susanto.

All Indonesian final ini dilangsungkan di Stadio bulutangkis Hongkong Coliseum, Ahad (27/11) siang WIB. Owi /Butet menang dua set langsung atas Praveen/Debby. Yaitu dengan skor 21-19 dan 21-17.

Sejak pertandingan dimulai, kedua tim masih terlihat sama kuat. Dua pasangan ini sempat bermain imbang 3-3 yang membuat sulit memprediksi siapa yang akan jadi pemenang. Namun, Owi/Butet setelah itu memperlihatkan mereka lebih hebat atas junior-juniornya itu.

Pasangan pemenang Olimpiade Rio de Janeiro tersebut mulai unggul jauh menjelang waktu istirahat dengan skor 11-5. Tak kalah begitu saja dari Owi/Butet, Praveen/Debby pun meningkatkan level peramainan mereka.

Perjuangan mereka tidak sia-sia karena berhasil memaksakan skor sama 19-19. Tapi beberapa momen menentukan Owi/Butet lebih terlihat matang yang akhirnya mereka mencetak dua angka untuk mengunci set pertama.

Di interval kedua permainan semakin ketat. Praveen/Debby sempat memimpin hingga 9-7. Keunggulan Praveen/Debby ini bertahan sampai jeda turun minum dengan skor tipis 11-10. Usai instirahat, Owi/Butet tak mau lagi menyia-nyiakan waktu untuk segera memenangkan gelar juara.

Pasangan yang bekerja sama sejak 2012 ini langsung tancap gas menggempur Praveen/Debby. Tapi tetap saja rekan sesama pelatnas Cipayung itu dapat mengimbangi hingga skor menjadi 16/15. Barulah setelah itu pengalaman Owi/Butet mulai berbicara.

Keduanya tak lagi memberi kesempatan kepada Praveen/Debby mencetak satu pun angka hingga akhirnya mereka unggul 20-15. Ketika Owi/Butet menbutuhkan tambahan satu angka lagi, Praveen/Debby sempat bangkit mengejar ketertinggalan menjadi 17-20.

Dan yang membuat Owi/Butet langsung melakukan selebrasi kemenangan adalah ketika bola tangkisan Praveen keluar lapangan. Ini adalah gelar kedua Owi Butet dalam dua pekan terakhir. sepekan sebelumnya mereka juga meraih juara di Cina OPEn 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement